Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Inspiratif, Wisata Religi ke Situs Nyai Subang Larang Ditempuh 2-3 Jam dari Bandung

28 Maret 2021   11:06 Diperbarui: 28 Maret 2021   11:08 300 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspiratif, Wisata Religi ke Situs Nyai Subang Larang Ditempuh 2-3 Jam dari Bandung
Situs Nyai Subang Larang (law-justice.co)


Film yang diputar setiap malamnya di MNCTV, yaitu "Kembalinya Raden Kian Santang" ada menyebut-nyebut nama Nyai Subang Larang.

Selain Nyai Subang Larang, film itu menyebutkan nama Pajajaran dan Prabu Siliwangi.

Ketiganya memang saling berkaitan. Prabu Siliwangi adalah raja Kerajaan Sunda. Raja yang bergelar Prabu Dewataprana Sri Baduga Maharaja itu memerintah Kerajaan Sunda Galuh selama 39 tahun (1482-1521 Masehi).

Sorotbangsanews, kemarin melaporkan sejumlah 12 orang anggota RUMPPI (Rumah Para Pecinta Ilmu) melakukan kunjungan ke Kabupaten Subang, Jawa Barat, tepatnya ke situs Nyai Subang Larang yang berlokasi di Teluk Agung, Desa Nagerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Ke 12 orang anggota RUMPPI itu melakukan perjalanan selama 3 jam dari Bandung, Jawa Barat, setibanya di lokasi, mereka disambut antara lain oleh tokoh masyarakat setempat, Kepala dan aparat desa, dan Juru Kunci Situs.

"Jika melakukan perjalanan malam hari, bisa sampai hanya 2 jam," kata Ketua Grup GENPARRI PRAWITA, Farhan Aulawi, Minggu (21/3/2021), di Subang.

GENPARRI PRAWITA (Pegiat Ragam Wisata Nusantara) ini adalah nama lain dari RUMPPI, seperti yang sudah disebutkan di atas. GENPARRI PRAWITA ini bahkan punya DPP nya sendiri di Bandung.

Melihat kunjungan apa yang dilakukan mereka, barangkali Anda menjadi terinspirasi untuk melakukan juga wisata religi ini?

Sebelum langsung ke makam Nyai Subang Larang, rombongan GENPARRI itu mengadakan silaturahmi terlebih dahulu dengan para tokoh desa setempat. 

Nyai Subang Larang adalah seorang wanita yang menganut agama Islam. Asal mula pertemuan antara Prabu Siliwangi dengan Nyai Subang Larang adalah ketika Prabu Siliwangi kepincut dengan Nyai Subang Larang, yang mana Nyai Subang Larang ini yang adalah salah seorang santriwati di pesantren Quro di Karawang, dekat Jakarta.

Pesantren Quro itu didirikan oleh Syekh Hasanuddin atau juga disebut dengan Syekh Quro pada tahun 1418 Masehi. Syekh Hasanuddin adalah seorang ulama asal Champa, atau Kamboja sekarang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x