Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mengenal Bir Jawa, Bir Para Bangsawan yang Menyehatkan

4 Maret 2021   11:03 Diperbarui: 4 Maret 2021   11:22 141 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Bir Jawa, Bir Para Bangsawan yang Menyehatkan
Bir Jawa (beergembira.com)


"Setelah menerima masukan dari propinsi, daerah, dan para ulama dari Muhammadiyah, NU, MUI, dan ormas-ormas lainnya, maka dengan ini saya nyatakan mencabut kembali Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang investasi Miras," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya di hadapan pers secara virtual dari Istana Negara, Selasa (2/3/2021).

Pada tanggal 2 Pebruari lalu, Presiden Jokowi meneken Perpres soal penggalakkan penanaman modal di industri Miras. Namun Jokowi juga memperhatikan kearifan lokal, dimana peraturan itu hanya berlaku di daerah-daerah tertentu, seperti Bali, Papua, NTT, dan Sulawesi Utara.

Gerak cepat Jokowi mengantisipasi kritikan yang menginginkan agar Jokowi mempertimbangkan dan mencabut lagi peraturan itu, diapresiasi oleh organisasi kemasyarakatan Islam.

"MUI menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas keseriusan pemerintah.....," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, Selasa (2/3/2021).

Apresiasi senada juga disampaikan oleh PP Muhammadiyah, dan PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama). 

Miras menurut mereka dapat merusak generasi bangsa dan kesehatan. Diberlakukannya Perpres investasi sama saja dengan mengijinkan peredaran yang oleh Islam Miras itu hukumnya haram.

Kendati cukup mudah ditemui Miras ini terutama di cafe-cafe atau restoran, namun umat Muslim mayoritas menghindari untuk membelinya, tapi tak sedikit juga yang ingin coba-coba.

Miras disebut haram karena efeknya yang memabukkan. Namun tidak semua Miras, termasuk bir yang memabukkan, bahkan ada juga yang bahkan menyehatkan dan baik untuk tubuh.

Mengutip kompas.com, setidaknya ada dua bir Nusantara yang menyehatkan dan bermanfaat untuk tubuh. Kedua minuman itu adalah bir pletok, dan bir Jawa.

Baik bir pletok maupun bir Jawa keduanya memiliki khasiat yang hampir sama mulai dari mengusir kelelahan, menghilangkan masuk angin, maupun menghangatkan badan.

Bir pletok ini adalah minuman bir khas Betawi. "Pletok" berasal dari suara "pletok-pletok" yang berbunyi jika bir itu dikocok-kocok di dalam wadahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN