Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Luar Biasa, "Si Jenius Dari Timur" Ternyata Memiliki Juga Kekuatan Supranatural

16 Januari 2021   10:05 Diperbarui: 16 Januari 2021   10:09 96 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luar Biasa, "Si Jenius Dari Timur" Ternyata Memiliki Juga Kekuatan Supranatural
RMP Sosrokartono (historia.id)


Propinsi JawaTengah sangat luar biasa dari kekayaan sejarahnya yang banyak meninggalkan warisan budaya hingga kini. Salah satunya adalah Raden Ajeng Kartini.

Siapa yang tak kenal dengan putri dari Bupati Jepara ini? Kartini digadang-gadang sebagai pelopor bagi kaumnya. Cita-cita luhur Kartini untuk memperjuangkan perempuan selevel dengan pria dikenang bahkan sampai ke luar negeri.

Dan tahukah Anda, selain Kartini, Bupati Jepara Ario Sosroningrat, juga mempunyai seorang anak lainnya yang dijuluki "Si Jenius Dari Timur". Dia adalah Raden Sosrokartono. Raden Mas Panji Sosrokartono (kelahiran Mayong, Jepara, 10 April 1877) dengan demikian adalah kakak kandung dari RA Kartini.

RMP Sosrokartono dikenal memiliki bakat istimewa dan kecerdasan yang luar biasa. Bahkan intelegensia nya itu sudah dikagumi semenjak dia kecil.

Gagasan-gagasan RA Kartini juga mendapatkan dukungan dari "Si Jenius".

Siapa yang tidak tercengang. Sosrokartono ternyata menguasai 24 bahasa asing dan 10 bahasa daerah Nusantara. Selain itu Sosrokartono juga lantas lebih dikagumi lagi karena memiliki apa yang disebut dengan kekuatan supranatural.

Sebelum itu mari kita lihat sosok gaya hidup dan profesi apa yang dijalani RMP ini. RMP mencatat rekor sebagai mahasiswa Indonesia pertama yang bersekolah di negeri Belanda. 

Namun bukan hanya menuntut ilmu, RMP juga aktif dan berkecimpung dalam profesi lain yang menggunakan intelegensia. Selama tinggal di benua biru itu, Sosrokartono bekerja untuk The New York Herald Tribune. Pada masanya, saat itu sedang berkecamuk Perang Dunia ke I.

Sosrokartono pun ikut terlibat, dia bertugas dengan meliput peristiwa-peristiwa penting di momen PD I tersebut. Pada saat bertugas meliput perang itu, Sosrokartono sebenarnya sudah menamatkan pendidikannya dari Universitas Leiden dan mengantongi gelar Docterandus in Oosterche Talen.

Nah, jika Anda sekarang ini mengenal gelar Drs. Itu adalah singkatan dari Bahasa Belanda docterandus.

Sebagai koran raksasa, saat itu The New York Herald Tribune juga mempunyai kantor perwakilannya. Salah satunya di Eropa, yaitu di Wina, Austria. Inilah basis Sosrokartono di Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x