Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Jakarta Dianugerahi "Sustainable Transport Award", Anies: Hadiah untuk Warga Jakarta

1 November 2020   09:01 Diperbarui: 1 November 2020   12:41 106 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jakarta Dianugerahi "Sustainable Transport Award", Anies: Hadiah untuk Warga Jakarta
Jakarta mendapat penghargaan Sustainable Transport Award (regional.kontan.co.id)

Berita sukacita setidaknya diraih oleh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta saat ini, sukacita ini patut dinikmati oleh warga Jakarta.

Organisasi nirlaba ITDP melalui Twitternya, Sabtu (31/10/2020) mengumumkan jika Jakarta, Indonesia, menjadi pemenang the 2021 Sustainable Transport Award. "Selamat untuk kota dengan pencapaiannya, Transjakarta. DKI Jakarta. Anies Baswedan" Demikian bunyi akun Twitter @itdp_hq.

Pengumuman pemenang STA ini digelar secara virtual di konferensi transportasi internasional, MOBILIZE 2020 pada 26, 28, dan 30 Oktober 2020.

ITDP atau Institute for Transportation and Development Policy didirikan oleh para pelaku advokasi transportasi berkelanjutan pada tahun 1985 di Amerika Serikat.

Penghargaan Transportasi Berkelanjutan 2021 yang diterima Jakarta tentu sangat membanggakan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pencapaian tersebut tak lepas kaitannya dengan upaya Jakarta untuk mengurai kemacetan.

Untuk itu Jakarta menerapkan sistem transportasi yang dikenal dengan istilah Smart Citizen. Sejak 2004 Pemprov DKI menerapkan sistem penggunaan transportasi publik Bus Rapid Transit atau dikenal dengan Transjakarta.

Moda transportasi ini sejatinya dapat membangkitkan minat masyarakat dalam penggunaan transportasi umum. Angka 200 persen adalah angka peningkatan jumlah pelanggan pengguna Transjakarta kurun 3 tahun.

Memang bagi pengalaman sendiri, saya sering menggunakan bus Transjakarta ini.

Untuk sekali naik bus ini dari satu halte ke halte lainnya dengan perjalanan ke mana pun hanya dikenakan biaya Rp 3.500.

Pada perkembangannya kemudian, sistem kartu diterapkan. Seperti halnya pulsa yang bisa diisi, kartu Transjakarta ini juga harus di top up dulu. 

Penghargaan sebelumnya juga pernah diraih Jakarta di ajang Sustainable Transport Award 2020 di Washington DC Amerika Serikat. Kala itu Jakarta dianugerahi "Honorable Mention" oleh STA (Komite Sustainable Award), atau peringkat ke 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
1 November 2020