Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Remehkan Kurang Tidur karena Bisa Menyebabkan Sejumlah Gangguan Kesehatan

25 September 2020   09:01 Diperbarui: 25 September 2020   09:02 151 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Remehkan Kurang Tidur karena Bisa Menyebabkan Sejumlah Gangguan Kesehatan
Tidur (beritagar.id)


Jangan sepelekan dampak buruk yang disebabkan karena kurang tidur. Pakar kesehatan merekomendasikan tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah 8 jam per harinya.

Tidak sedikit orang yang meremehkan waktu tidur tersebut, mereka lebih memilih untuk tidak mengatur waktu mereka, mana untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang belum selesai umpamanya.

Dalam hal tersebut mereka tidak bisa mengatur waktu untuk tidur kapan harus bangun di pagi harinya.

Jika Anda belum lelah atau mengantuk juga sampai jam 10 malam, berarti ada sesuatu yang salah yang Anda lakukan, dan Anda mengabaikannya.

Umpamanya saja minum kopi pada waktu sore atau malam hari di sekitar empat atau lima jam sebelum waktu tidur, jelas dalam hal ini Anda akan kesulitan untuk mulai tidur di malam hari.

Hal yang menganggu lainnya, jika Anda tidur terlalu lama di siang hari, ini juga akan menyebabkan Anda kesulitan untuk istirahat malam.

Sejumlah gangguan yang menyebabkan sulit tidur adalah dari pikiran yang dijejali dengan masalah yang belum selesai, Anda stres memikirkan sesuatu masalah yang melanda di bidang pekerjaan, hubungan dengan sesama orang lain, atau pun mungkin Anda sedang sakit hati oleh perlakuan seseorang.

Kurang tidur dari waktu yang disarankan (8 jam) dapat berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, baik bagi otak dan tubuh manusia.

Business Insider menulis pernyataan ahli saraf Matthew Walker yang mengatakan semakin pendek waktu tidur, maka akan semakin pendek pula usia seseorang.

Kebutuhan tidur seseorang berbeda-beda pada manusia dari berbagai jenjang usia. Jika tadi dikatakan orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang baik 8 jam. Sedangkan orang yang lebih muda, membutuhkan waktu tidur yang lebih lama.

Waktu tidur yang direkomendasikan oleh The American Academy of Sleep Medicine adalah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x