Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae-yong Kalah, Pelatih Vietnam Masuk 40 Selebriti Paling Berpengaruh

2 Mei 2020   08:34 Diperbarui: 2 Mei 2020   09:01 54 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Shin Tae-yong Kalah, Pelatih Vietnam Masuk 40 Selebriti Paling Berpengaruh
Pelatih Vietnam Park Hang-seo (indosport.com)

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo menempati urutan ke 38 dari 40 selebriti Korea Selatan tahun 2020 versi Forbes.

Selebrita Korea yang paling berpengaruh di negeri ginseng itu diterbitkan setiap tahun, mereka antara lain terdiri dari yang berprofesi di bidang film, seni, musik, ataupun olahraga.

Park Hang-seo, yang kini berusia 62 tahun, menjadi satu-satunya yang berasal profesi sebagai pelatih. 

Dalam rilis itu, Park mendapatkan poin 21,5. Pelatih bertangan dingin tersebut mengalahkan Shin Tae-yong, yang menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Tahun ini puncak daftar diduduki oleh BTS (Bangtan Boys), K-Pop yang sangat populer di dunia termasuk Amerika, sedangkan di posisi kedua dipegang oleh Ryu Hyun-jin seorang atlet bisbol. Sementara posisi ketiga menjadi milik BLACKPINK, grup K-Pop.

Forbes menilai Park Hang-seo sudah mengharumkan nama bangsa dengan sejumlah keberhasilannya membesut sepakbola Vietnam.

Bukan saja di negeri Paman Ho tersebut, Park dielu-elukan. Tapi di Korea pun dia sangat mendapatkan perhatian.

Kendati tidak ada kaitannya dengan Timnas Korea Selatan, akan tetapi keinginan tahu warga Korea atas tingkah polah Park menangani Vietnam, menyebabkan beberapa televisi negeri ginseng itu bahkan membeli hak siar laga-laga turnamen yang diikuti Vietnam.

Warga Vietnam sendiri di Korea tidaklah sedikit. Yang mana itu menjadikan laga Timnas Vietnam di Korea mendapat rating yang cukup tinggi.

Beberapa waktu silam, dalam kesempatan adanya variety show Korea di Hanoi, mereka mengundang Park untuk tampil sebagai bintang tamu.

Sejumlah keberhasilan dari tangan dingin Park, menjadikan VFF (Federasi Sepakbola Vietnam) tak ragu memperpanjang kontrak mantan asisten Guus Hiddink di Piala Dunia 2002 itu  hingga tiga tahun kedepan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN