Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae-yong Harus Segera Menemukan Formula Menjelang Bulan Ramadhan

14 Februari 2020   09:09 Diperbarui: 14 Februari 2020   09:26 136 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Shin Tae-yong Harus Segera Menemukan Formula Menjelang Bulan Ramadhan
Shin harus segera menemukan formula jadwal latihan terkait tibanya bulan Ramadhan (indosport.com)


Begitu beredarnya rumor Shin Tae-yong bakal diangkat menjadi pelatih Timnas Indonesia, pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, sudah memberi masukan kepada "adiknya" bahwa ada beberapa kendala orang Korea yang akan bekerja di Asia Tenggara.

Park Hang-seo memang menganggap Shin sebagai saudaranya sendiri. Kepada Shin, Park berpesan kendala-kendala yang bakal dihadapi itu adalah soal agama, budaya, dan bahasa yang jauh berbeda dengan di Korea.

Dan setelah resmi, Shin menjadi pelatih di Indonesia, dalam kegiatan sehari-harinya, untuk sementara, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu kemana-mana didampingi oleh seorang penerjemah dari Kedutaan Besar Korea di Jakarta.

Shin ingin sekali bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Bahkan dalam permintaan fasilitasnya sebagai pelatih, Shin meminta PSSI tambahan fasilitas seorang guru bahasa.

Semakin lama Shin di tanah air, maka dirinya sudah mengerti dan semakin hafal beberapa kata bahasa Indonesia.

Manajer berusia 50 tahun itu menjadikan para asistennya di seluruh kelompok usia sebagai jembatan merekatkan perbedaan budaya antara negerinya dengan budaya Indonesia.

Bahkan begitu resmi menjabat pelatih Timnas, Shin sudah melihat kondisi, akan tibanya bulan Ramadhan. Budaya yang berbeda dengan Korea.

Budaya Indonesia yang begitu ketat, sangat dihormati Shin terkait latihan para pemainnya yang sebagian besar beragama Islam

"Saya harus belajar tentang kebugaran fisik di sana," kata mantan pelatih Seongnam Ilhwa itu.

Diprediksi, munggahan awal puasa Ramadhan 1440 di Indonesia akan jatuh pada 24 April 2020. Pada saat itu, liga-liga di Indonesia juga sudah bergulir beberapa pekan lamanya. Nah, disitulah butuh pengertian dan kerjasama dari semua pihak, agar mantan top skorer K-League itu bisa menyesuaikan jadwal latihan para pemainnya kelak.

Seperti diketahui, terdapat banyak jadwal Timnas Indonesia dari segala level (senior, U-23, U-20, dan U-16) yang bakal dilakoni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN