Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Gratis Selama Libur Natal, Mau Coba Tol Layang Terpanjang?

4 Desember 2019   06:41 Diperbarui: 4 Desember 2019   06:43 230 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gratis Selama Libur Natal, Mau Coba Tol Layang Terpanjang?
Jalan Layang Tol terpanjang, Jakarta-Cikampek II (emitennews.com)

Tak lama lagi pemerintah secara resmi akan memecahkan rekor pembuatan jalan layang tol terpanjang se Indonesia.

Jalan layang tol yang dimaksud adalah Tol Japek II (Jakarta-Cikampek). Jalan sepanjang 36,4 kilometer ini kini sudah rampung seluruhnya, dan akan beroperasi secara fungsional di masa liburan Natal dan Tahun Baru (nataru) pertengahan Desember 2019.

Selain ruas jalan elevated tol Jakarta Cikampek II yang terpanjang se Indonesia, pemerintah juga akan membuka secara fungsional ruas-ruas jalan tol lainnya yang ada di luar Jawa.

Ke semua ruas tol itu akan fungsional dibuka pada 15 Desember 2019.

Keempat ruas tol lainnya di luar Jawa tersebut adalah: ruas tol Bitung-Menado (26 kilometer), Samarinda-Balikpapan (66 kilometer), Dumai-Pekanbaru (9,5 kilometer), dan ruas tol Betung-Palembang, sejauh 33 kilometer.

Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa disebut fungsional, karena tol sepanjang total 134,5 kilometer itu tidak dipungut tarif, alias gratis.

Basuki mengatakan hal tersebut seusai menghadiri raker dengan Komisi V DPR, Senin (2/12/2019) di Jakarta.

Ketika ditanyakan sampai kapan penggunaan ruas tol tersebut digratiskan, Menteri PUPR belum dapat menentukan, karena menurutnya akan mengikuti waktu libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan dibukanya tol elevated Japek II nantinya akan mempercepat jarak tempuh antara Jakarta dan Bandung.

Selain itu Menhub juga mengatakan dengan tol Japek elevated ini nantinya diharapkan akan menekan angka kecelakaan lalulintas. 

Dengan jalan bebas hambatan ini angka kecelakaan yang sering terjadi di Tol Cikampek km 90-92 Bandung akan bisa dikurangi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x