Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Penyebab Kanker Prostat yang Diderita Arswendo

26 Juni 2019   07:00 Diperbarui: 26 Juni 2019   07:18 0 6 1 Mohon Tunggu...
Penyebab Kanker Prostat yang Diderita Arswendo
Arswendo Atmowiloto (medcom.id)

Entah darimana atau dari apa Anda mengenali Arswendo Atmowiloto. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, 26 Nopember 1948 ini  kondisi kesehatannya drop dan saat ini dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kesehatan seniman ini mengalami penurunan karena penyakit kanker prostat yang dideritanya semenjak dua bulan lalu.

Rudolf Puspa, kerabat Arswendo, menjelaskan bahwa sudah dua bulan terakhir ini Wendo menderita penyakit kanker prostat. "Kondisinya drop pagi tadi (23/6/2019) dan langsung dilarikan ke rumah sakit, sekarang sedang berada di RS Pertamina," ujar Rudolf, Selasa (25/6/2019).

Rudolf juga menjelaskan bahwa penulis sinetron "Keluarga Cemara" itu sudah dua kali menjalani operasi. "Mohon doanya," kata Rudolf.

Salah seorang sahabat lainnya, Harry Tjahjanto, mengatakan bahwa ia bersama Eros Djarot dan Slamet Rahardjo sempat bercanda pada 15 Juni lalu saat Arswendo berbaring di tempat tidur. Saat dalam kondisi lemah karena sakit.

Keluarga Cemara hanyalah salah satu dari sekian banyak hasil karyanya. Arswendo sudah banyak menghasilkan naskah sinetron, novel, cerpen, juga puisi. Tercatat Arswendo pernah mendapat penghargaan Hadiah Sastra ASEAN pada 1987. Arswendo memulai kariernya sebagai wartawan, ia juga aktif di majalah HAI dan KOMPAS.

Sesuai namanya, kanker prostat adalah kanker yang menyerang prostat pada lelaki. Kanker ini menyerang alat reproduksi lelaki. 

Kanker prostat pada awalnya tumbuh dengan lambat. Sel kanker berkembang di dalam kelenjar prostat. Penderitanya akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Mayoritas penderita penyakit ini adalah lelaki berusia di atas 65 tahun.

Prostat terletak di bagian dasar kandung kemih, prostat ini berfungsi menghasilkan semen, yakni cairan yang dikeluarkan bareng sperma ketika ejakulasi.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO memperkirakan ada 1,3 juta lelaki di dunia menderita kanker prostat. Di Indonesia sendiri, penyakit ini merupakan penyakit kanker nomor dua paling banyak diderita kaum lelaki.

Adapun faktor-faktor yang menimbulkan risiko terjadinya penyakit ini, antara lain adalah punya keluarga yang menderita kanker prostat, memiliki penyakit menular seksual, paparan kimia, pola makan kurang sehat, memiliki obesitas, dan peningkatan usia.

Melihat dari situ, apakah yang menjadi penyebab kanker prostat pada Arswendo?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x