Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Opor Ayam Untuk Eggi

6 Juni 2019   07:11 Diperbarui: 6 Juni 2019   07:15 188 2 0 Mohon Tunggu...
Opor Ayam Untuk Eggi
bogor.tribunnews.com

Tersangka kasus makar Eggi Sudjana menjadi salah satu yang menarik perhatian media, dikarenakan pada momen Lebaran kali ini, dia tidak dibebaskan. Dan dengan terpaksa Eggi pun merayakan Lebaran kali ini di dalam penjara.

Salah seorang putra Eggi, Hisbullah mengatakan kepada awak media di Polda Metro Jaya, Rabu (5/6/2019) bahwa dirinya dan keluarga membawakan penganan khas Lebaran, yaitu opor ayam. "Biar seperti suasana Lebaran sesungguhnya, dan men support ayah," ujarnya.

Hisbullah juga mengatakan kondisi ayahnya baik dan sehat-sehat saja. Eggi juga melaksanakan sholat Ied di tempat yang sudah disediakan oleh Polda.

Eggi yang berharap dapat dibebaskan menyusul teman-temannya yang sudah dilepaskan dari penjara. Namun pihak kepolisian belum membolehkan Eggi menghirup udara bebas.

Seperti diketahui, dua orang temannya, Lieus Sungkharisma dan Mustofa Nahrawardaya penahanannya sudah ditangguhkan pihak kepolisian pada Selasa (4/6/2019). Sama seperti Eggi, Lieus juga terjerat dengan kasus makar. Sedangkan Mustofa terjerat dalam kasus hoaks di media sosial.

Eggi Sudjana menghuni jeruji besi sejak Selasa (14/5/2019) karena pidatonya pada 17 April 2019 di depan kediaman Prabowo di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada saat itu ia menyerukan apa yang disebut people power.

Sama seperti dua orang temannya yang dibebaskan, pengacara Eggi Sudjana, Abdullah Alkatiri memohon Polri agar Eggi juga dibebaskan.

"Itu harapan keluarga," ujarnya.

Sama seperti tersangka makar Eggi, yang merayakan Lebaran di rutan, masih banyak juga para penghuni rutan yang dijerat dengan pasal-pasal lainnya merayakan Lebaran 1440 Hijriyah kali di dalam rutan. Salah satu yang menjadi sorotan tentu tokoh-tokoh yang sudah dikenal luas di masyarakat, seperti musisi Ahmad Dhani. Ahmad Dhani yang dijerat dengan pasal ujaran kebencian itu merayakan Lebaran bersama keluarganya di rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Dan di setiap momen perayaan keagamaan, seperti Lebaran, para napi di seluruh tanah air diberi hadiah hari raya. Yaitu remisi, atau pengurangan hukuman.

Namun jumlah remisi yang diberikan ini tentu tergantung kepada sikap-sikap si napi tersebut selama berada di dalam rutan. Seperti Nazaruddin, Lebaran tahun ini, Nazaruddin mendapatkan remisi dua bulan. Sedangkan mantan ketua DPR Setya Novanto yang dijerat dengan kasus korupsi e-KTP tahun ini tidak mendapat remisi.

Bagaimana dengan Eggi Sudjana sendiri yang terancam dengan hukuman penjara seumur hidup?

VIDEO PILIHAN