Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Kendala Menuju Masyarakat Tanpa Uang Tunai

31 Maret 2019   06:00 Diperbarui: 31 Maret 2019   09:03 961 1 0 Mohon Tunggu...
Kendala Menuju Masyarakat Tanpa Uang Tunai
infoperbankan.com

Masyarakat Tanpa Uang Tunai, atau cashless society, suatu kondisi dimana orang-orang di dalam suatu atau antar negara melakukan transaksi perdagangan dengan tidak menggunakan uang fisik tunai. Tapi mereka melakukan pembelian dengan menggunakan kartu, kertas, atau elektronik.

Bank Indonesia menyebutkan alat pembayaran non tunai antara lain berbentuk kartu, bilyet giro, cek, dan electronic money.

Bentuk kartu tersebut bisa kartu debit, kartu kredit, maupun kartu tunai.

Dalam melaksanakan pembayaran kepada pihak lain tidak dilakukan dengan tunai fisik tetapi dilakukan dengan menggunakan ATM, internet banking, atau SMS banking.

Jadi, dalam Masyarakat Tanpa Uang Tunai, tidak ada lagi digunakan uang tunai secara fisik terkecuali digunakan untuk pembayaran transaksi-transaksi kecil, seperti membayar parkir, dsb.

Mengapa kondisi Masyarakat Tanpa Uang Tunai ini sengit diinginkan oleh berbagai kalangan maupun pemerintah? 

Hal tersebut dikarenakan, cashless society memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan penggunaan uang tunai fisik.

Keuntungan itu antara lain dari segi kepraktisan, dapat meningkatkan peredaran uang, perencanaan ekonomi dapat lebih akurat, serta dapat mengurangi biaya percetakan uang.

Jika dulu Anda mesti menbawa segepok uang tunai untuk membeli mobil misalnya, kini dengan kartu Anda lebih praktis dan tidak perlu repot-repot. Tinggal transaksi atau gesek kartu kredit atau kartu debit.

Sirkulasi peredaran uang yang cepat dalam perekonomian bisa menggairahkan pertumbuhan ekonomi.

Penggunaan non tunai juga dapat mencatat aktivitas transaksi yang Anda lakukan dan meminimalkan kejahatan kriminal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN