Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ahmad Dhani dan Asam Urat

25 Maret 2019   06:00 Diperbarui: 25 Maret 2019   09:39 1172 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ahmad Dhani dan Asam Urat
Asam urat umumnya menyerang kaki (viva.co.id)

Penyanyi "Munajat Cinta" Ahmad Dhani memasuki sidang kasus 'idiot' dengan terpincang-pincang. 

Pentolan Dewa 19 ini tiba di Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis (21/3/2019). Ketika keluar dari mobil tahanan, caleg Partai Gerindra tersebut mengenakan kemeja dan kopiah hitam, sama seperti beberapa sidang sebelumnya. Saat keluar dari mobil tahanan menuju ke ruang sidang, Ahmad Dhani kelihatan berjalan dengan terpincang-pincang.

Saat itu Dhani hadir untuk mendengarkan saksi ahli yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum, yaitu Ahli Bahasa dari UPN Surabaya, Endang Sulihatin.

"Asam urat kambuh lagi, sudah cheek up di Rutan Medaeng, kadarnya tinggi," kata Dhani.

Asam Urat

Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin. Zat purin ini berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Bagian tubuh yang paling sering terasa sakit dari asam urat adalah jari-jari kaki, pergelangan kaki, dan persendian tangan. Hal itu terjadi karena bagian tubuh itulah yang paling sering ditumpuki kandungan asam urat berlebih. Kandungan tersebut berasal dari makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi.

Biasanya asam urat menyerang orang dewasa, dan wanita setelah menopause. Tapi sekarang, mereka yang berusia 30 tahun dan anak muda juga terkena asam urat.

Asam urat dapat berlangsung 4-11 hari, dan umum terjadi pada pagi hari saat bangun tidur atau malam hari.

Jika terasa parah, terutama di kaki, akan terasa tak tertahankan, terjadi pembengkakan, kerap juga ada rasa panas yang menyengat persendian.

Kalau rematik menyerang otot atau persendian yang meradang, asam urat adalah salah satu dari sekian penyebab nyeri sendi. Penyebab rematik dan asam urat berbeda. Persendian bisa sakit karena rematik atau asam urat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x