Bola Pilihan

Imbang Kontra Sporting Lisbon, Arsenal Lolos ke 32 Besar

9 November 2018   12:30 Diperbarui: 9 November 2018   13:56 343 1 1
Imbang Kontra Sporting Lisbon, Arsenal Lolos ke 32 Besar
(handover)

Arsenal harus puas bermain kacamata kontra Sporting Lisbon CP dalam matchday 4  Grup E Liga Eropa musim 2018/2019 yang berlangsung di Emirates Stadium, Jum'at (9/11/2018) dini hari WIB.

The Gunners tampil lebih menguasai permainan semenjak menit awal kendati Sporting Lisbon juga tidak tinggal diam begitu saja atas tuan rumah.

Beberapa peluang emas yang didapat Arsenal melalui Henrikh Mkhitaryan, Aaron Ramsey, dan Danny Welbeck masih kesulitan membongkar ketatnya defensif Sporting Lisbon.

Strategi bertahan yang diterapkan Sporting Lisbon bukan total semata-mata. Sesekali mereka juga melakukan counter attack  atas lawannya. Beberapa ancaman kepada tuan rumah bahkan nyaris membuahkan gol, kalau saja tembakan yang dilepaskan Abdoulay Diaby mengarah sasaran.

Memasuki babak kedua, The Gunners masih terus menggedor para pemain Sporting Lisbon dan gempuran-gempuran itu menghasilkan beberapa peluang berbahaya tapi tak membuat Arsenal mampu membuat hasil karena rapatnya pertahanan tim tamu.

Di tengah keroyokan yang dibuat Arsenal, mereka kudu kehilangan salah seorang pemainnya, dimana Danny Welbeck harus keluar karena mengalami cedera. Welbeck mengalami cedera di pergelangan kakinya yang cukup parah sehingga ia langsung dilarikan ke rumah sakit.

Posisi Welbeck lalu digantikan oleh Pierre-Emerick Aubemeyang. Aubemeyang lantas sempat menebarkan ancaman ke gawang Sporting Lisbon, namun tiada sesuatu gol terjadi.

Tiga menit menjelang laga usai, Aubemeyang diganjal oleh bek Sporting Lisbon Jeremy Mathieu. Saat itu Aubemeyang sedang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Sporting. 

Tak urung wasit pun mengkartumerahkan Jeremy Mathieu, sehingga Sporting kudu bermain dengan sepuluh orang pemain. 

Keunggulan jumlah pemain, Arsenal tidak mampu memaksimalkannya untuk membuat gol. Kubu Sporting sendiri sesekali berupaya melakukan serangan cepat, namun sayang, tidak satu pun tembakan yang mengarah ke gawang.

Hasil imbang ini membuat Arsenal gagal untuk mengunci posisi pertama di matchday 4. Tapi, anak-anak London Utara itu sudah memastikan diri lolos ke babak 32 besar Liga Eropa. 

Hasil seri 0-0 tersebut membuat Arsenal masih tetap di urutan teratas Grup E dengan perolehan 10 poin dari empat pertandingan. Sedangkan Sporting Lisbon di posisi kedua dengan tujuh poin. 

Secara keseluruhan fase grup Liga Eropa yang dimainkan Jum'at (9/11/2018) tujuh tim telah memastikan lolos ke babak 32 besar Liga Eropa.

Selain Arsenal, keenam tim lainnya yang sudah memastikan diri melaju ke babak 32 besar Liga Eropa adalah Dinamo Zagreb yang menang 3-1 atas Spartak Trnava. Dinamo berada di posisi puncak grupnya, Fenerbache di posisi kedua dengan tujuh poin, sedang Spartak Trnava di tempat ketiga.

Dari Grup A, lolos dua tim yaitu FC Zurich dan Bayer Leverkusen. Leverkusen menang 1-0 kontra FC Zurich. Kedua tim memiliki poin sama, yaitu sembilan, dibawahnya ada Ludogorets Razgard dan AEK Larnaca.

Dari Grup H, dua tim melenggang ke 32 besar yaitu Lazio dan Eintracht Frankfurt.  Lazio menang lawan Marseille 2-1. Serta Eintracht Frankfurt menundukkan Apollon Limassol dengan skor 3-2.

Dari Grup L, Chelsea yang bermain di kandang BATE Borisov menundukkan BATE Borisov dengan skor 1-0.