Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati Halitosis

25 Juni 2018   07:00 Diperbarui: 25 Juni 2018   07:45 1705 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati Halitosis
steemit.com

Siapa sih yang tahan berlama-lama berbicara atau berada di dekat mereka yang punya masalah bau mulut? Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah bau mulut dan kondisi ini bisa semakin parah jika terus dibiarkan.

Apa itu Bau Mulut?

Bau mulut atau yang dikenal istilah medis halitosis atau oral malodor adalah bau tidak sedap yang berasal dari mulut atau nafas seseorang. Masalah bau mulut dialami oleh 25% penduduk dunia dan sebagian besar disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Tidak hanya itu, bau mulut juga bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit dalam tubuh seseorang.

Menurut penelitian Vineet Nair dan kawan-kawan pada tahun 2013 yang dimuat dalam International Dental Journal of Student Research, nafas seseorang bisa mengeluarkan bau tidak sedap karena adanya senyawa volatile sulfur compounds yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut terutama senyawa Hidrogen Sulfide, Methyl Marcaptan dan Dimethyl Sulfide. Kata volatile sendiri berarti bahwa senyawa ini akan segera menguap ke udara sesaat setelah dikeluarkan dan inilah yang menyebabkan mulut berbau ketika seseorang bernafas atau berbicara.

Gejala Bau Mulut

Masalah bau mulut kadang tidak disadari, oleh sebab itu penting untuk mengetahui gejalanya agar Anda bisa mengetahui apakah mulut Anda mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk mengetahui hal ini Anda membutuhkan bantuan orang lain baik keluarga maupun teman. Jika mereka mengatakan bahwa mulut Anda mengeluarkan bau saat bicara, kemungkinan Anda mengidap halitosis.

Cara lain untuk mengetahui gejala bau mulut adalah dengan menjilat pergelangan tangan Anda dan membiarkannya kering. Jika Anda mencium bau tidak sedap dari pergelangan tangan Anda, besar kemungkinan mulut Anda berbau tidak sedap. 

Selain dengan cara di atas Anda juga bisa menggunakan cara medis  untuk mengecek apakah Anda mengidap halitosis atau tidak.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut sendiri tidak hanya disebabkan karena kesehatan gusi, gigi dan juga makanan saja. Terdapat beberapa kondisi kesehatan lain dimana dapat menjadi salah satu faktor atau penyebab terjadinya bau mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x