Mohon tunggu...
Rudy Wiryadi
Rudy Wiryadi Mohon Tunggu... Akuntan - Apapun yang terjadi

Mulai hari dengan bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Kisah Lucu, Tak Ada yang Tahu Susy Susanti Pernah Sengaja Mengalah

11 November 2021   10:05 Diperbarui: 11 November 2021   12:58 258 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Susy Susanti (cnnindonesia.com)


Susy Susanti, legenda bulutangkis dunia, pemain kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 11 Pebruari 1971, meraih banyak prestasi baik di nomor perorangan maupun beregu di level junior dan dewasa.

Namun apakah isteri dari Alan Budikusuma itu pernah merasa "bosan" dan punya kenangan manis tersendiri sepanjang karirnya di dunia tepak bulu, misalnya sengaja mengalah dalam suatu pertandingan?

Tidak banyak yang tahu peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu ternyata memang punya "kenangan manis" yang dimaksud.

Susy Susanti sempat sengaja mengalah dalam sebuah laga yakni di French Open 1988. Kok bisa?

Dilansir Selasa (9/11/2021) dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, karena sejumlah torehan prestasinya di level junior di antaranya juara dunia 1986 dan 1988, Susy ditunjuk PBSI untuk ikut serta di turnamen dewasa, yaitu French Open 1988. Saat itu usianya menginjak 17 tahun.

"Saya juara dunia junior. Selain turun di nomor tunggal, juga ganda putri dan ganda campuran. Karena prestasi yang mungkin cukup bagus di level junior maka saya diikutkan ke level dewasa di Eropa," kisah Susy.

Susy mengisahkan peristiwa yang tidak banyak orang tahu.

"Saat masuk ke turnamen senior itu saya masih junior dan tidak punya ranking apa-apa. Jadi saya harus merangkak dari bawah. Cukup lucu juga," kata Susy.

Dan pada faktanya, Susy dapat mengalahkan para pemain senior yang sudah punya ranking dan berhasil menembus perempatfinal.

Di perempatfinal itu Susy sudah menang di gim pertama. Di gim kedua Susy sudah unggul 8-3. Tinggal 3 poin lagi maka Susy melenggang ke semifinal.

Pada kedudukan 8-3 itu teman-teman Susy di tribun stadion berteriak mengatakan "Susy, besok kita akan ke Lourdes".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan