Mohon tunggu...
Rudy Wiryadi
Rudy Wiryadi Mohon Tunggu... Akuntan - Apapun yang terjadi

Mulai hari dengan bersemangat

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Brompton, Sepeda Lipat "Sultan" yang Kini Harganya Terjun Bebas

17 September 2021   11:06 Diperbarui: 19 September 2021   11:15 1453 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Brompton, Sepeda Lipat "Sultan" yang Kini Harganya Terjun Bebas
ilustrasi Sepeda Brompton (SHUTTERSTOCK.COM via kompas.com) 


Jika memang Anda ngebet sekali ingin sepeda lipat Brompton maka tidak salah Anda membelinya pada saat ini.

Jika dulu ketika sedang booming, harga satu unit sepeda lipat bergengsi itu bisa mencapai Rp 60 juta, kini harga itu sudah hancur lebur.

"Terakhir saya cek harga distributor Rp 36 juta. Saya cek lagi di beberapa penjual harga Brompton dengan tipe yang sama ada yang Rp 34 juta. Itupun sudah ditambah bonus tas atau helm," kata Eko Wibowo Utomo, Ketua Apsindo (Asosiasi Pengusaha Sepeda Seluruh Indonesia), Kamis (16/9/2021).

Eko mencontohkan harga Brompton dari tipe tertentu. Berdasarkan keterangan beberapa sumber harga Brompton ini memang harganya berkisar tak jauh-jauh dari harga yang disebutkan oleh Eko di atas.

Sebagai contoh Brompton tipe M6L jika pada tahun lalu harganya Rp 42 juta, harga itu sudah turun di awal tahun ini menjadi Rp 36 juta. Nah, sekarang jika Anda cek harga itu sekarang sudah Rp 34 juta di Tokopedia.

Seorang pemilik toko sepeda di BSD mengatakan harga sepeda sekarang ini berbanding terbalik dengan kondisi tahun lalu saat booming. Jika pada tahun lalu sedang booming harganya naik jutaan rupiah, sekarang justru turun terus jutaan rupiah.

"Kira-kira turun 10 persen," kata Sonny, sang pedagang.

Sonny pun mengerti apa yang disebut dengan hukum ekonomi. Jika Anda seorang mahasiswa di bidang yang terkait dengan ekonomi, tentu Anda sering membaca atau diajarkan oleh dosen Anda tentang hukum ekonomi ini.

Bahwa persediaan barang banyak, dan permintaan sedikit maka harga akan turun. Sedangkan sebaliknya, jika barang sedikit dan permintaan banyak maka harga akan naik.

Jadi tepat dengan kondisi saat ini dimana permintaan Brompton sedikit. Jadinya harganya terjun bebas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan