Mohon tunggu...
Rudy Prawira
Rudy Prawira Mohon Tunggu... Bankir - Hello

Hello

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Review iPad Pro 11 vs Galaxy Tab S4

14 Maret 2019   16:14 Diperbarui: 14 Maret 2019   16:37 1902
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampak atas tablet (Sumber Gambar: Rudy)

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan review saya terhadap 2 tablet high end yang keluar pada tahun 2018, yaitu Samsung Galaxy Tab S4 10.5 dan iPad Pro 11. Selain sama-sama dirilis di tahun 2018, kedua tablet ini juga memiliki ukuran layar yang hampir sama, dna sama-sama mengusung layar yang bezel-less, dimana tidak ada lagi tombol fisik pada bagian depan tablet. Review ini terbagi menjadi beberapa bagian, jadi pembaca bisa memilih untuk melihat review ini pada bagian mana. Bagian-bagian pada review ini adalah:

  • Harga
  • Dimensi
  • Layar
  • Software
  • Prosesor
  • Speaker
  • Koneksi
  • Sensor
  • Stylus
  • Tambahan

Saya masukkan harga pada bagian 0 karena harga menjadi salah satu faktor penting dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah gadget, sehingga harga juga akan mempengaruhi penilaian pengguna terhadap bagian-bagian review lain di bawahnya:

  • Untuk Tab S4, harga di Samsung Store adalah 11 juta, namun jika dibeli via toko online, pengguna bisa membeli dengan harga kisaran 9,2 hingga 10 juta, tergantung dari toko penjual. Tab S4 yang dijual di Samsung Store dan toko online sama-sama bergaransi SEIN, sehingga tetep bisa di klaim garansi di Service Center Samsung. Untuk harga tersebut, pengguna mendapatkan tablet Wi-Fi dan Cellular dengan kapasitas 64GB, dan sudah termasuk sPen.
  • Untuk iPad Pro 11, harga yang terdapat pada web iBox sebesar 14,5 juta. Dengan harga tersebut, pengguna mendapatkan iPad Pro 11 Wi-Fi only dengan kapasitas 64GB. Opsi untuk Cellular dan kapasitas penyimpanan lain belum tersedia di web iBox. Jika ingin lebih murah, pengguna bisa membelinya di toko online. Di toko online, pengguna bisa mendapatkan iPad Pro dengan spek yang sama seperti di iBox dengan harga 13,2 hingga 13,5 juta. Untuk spesifikasi Wifi Cellular 64GB, bisa didapatkan dengan harga 15,2 hingga 15,5 juta. Kekurangan dari pembelian iPad di toko online adalah iPadnya menggunakan region di luar Indonesia, sehingga akan lebih sulit melakukan klaim garansi. Berbeda dengan iPad yang dibeli di Apple Premium Reseller di Indonesia (seperti iBox, Infinite, dll) yang lebih mudah diklaim di AASP di Indonesia. Perlu diingat juga bahwa paket pembelian iPad Pro 11 belum termasuk Apple Pencil. Untuk harga Apple Pencilnya sendiri bisa dibeli secara online dengan harga 2 jutaan.

Karena masalah harga sudah dibahas di bagian ini, maka masalah harga tidak akan saya bicarakan lagi di bagian-bagian berikutnya. Seluruh bagian berikutnya hanya akan berfokus pada perbandingan performa setiap tablet.

Oke, sebelum masuk ke bagian berikutnya, saya akan memberikan sedikit catatan mengenai review saya

  • Review saya tidak akan banyak membahas masalah teknis, seperti kapasitas baterai, resolusi, dan sebagainya. Saya rasa hal tersebut sudah bisa di cek langsung di web seperti GSMArena. Saya akan lebih banyak membahas perbandingan kedua tablet berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua tablet
  • Seluruh isi review saya bersifat subjektif, karena murni berdasarkan pengalaman saya. Ada kemungkinan beberapa factor yang saya sukai pada salah satu tablet malah tidak disukai pembaca, dan sebaliknya. Saya akan tetap berusaha seobjektif mungkin dalam melakukan penilaian
  • Saya tidak akan membahas performa tablet saat gaming, karena saya sendiri tidak nge-game di tablet. Saya menggunakan tablet untuk menulis dan menonton, jadi review saya lebih berfokus ke sana.

Kita mulai reviewnya.

1. Dimensi dan Fisik

Kedua tablet memiliki tinggi yang hampir sama, Tab S4 sedikit lebih tinggi, tapi tidak akan terlihat perbedaannya kecuali kedua tablet dibandingkan langsung. iPad Pro 11 jauh lebih lebar, dan akan langsung terasa perbedaannya, karena dengan Tab S4, akan lebih mudah mengetik tombol G dan H pada onscreen keyboard.

Untuk masalah ketebalan, memang berdasarkan spesifikasi, iPad Pro 11 lebih tipis, namun perbedaannya sulit dirasakan, bahkan jika kedua tablet diletakkan bersebelahan. Untuk masalah berat, Tab S4 lebih berat dan masih bisa dirasakan (meskipun sulit) saat dibandingkan dengan cara memegang kedua tablet.

Perbandingan Ketebalan Tablet (Sumber Gambar: Rudy)
Perbandingan Ketebalan Tablet (Sumber Gambar: Rudy)
Untuk bagian belakang tablet, iPad Pro menggunakan aluminium, sedangkan Tab S4 menggunakan kaca. Karena menggunakan kaca, bagian belakang Tab S4 sangat mudah kotor karena fingerprint, terutama untuk Tab S4 berwarna hitam.

Bagian belakang tablet (Sumber Gambar: Rudy)
Bagian belakang tablet (Sumber Gambar: Rudy)
Catatan, jika pembaca memang sudah yakin untuk membeli Tab S4, saya sarankan pertimbangkan warna putih. Selain fingerprint yang lebih sulit terlihat, warna putih pada Tab S4 juga memberikan efek elegan, karena warna putihnya benar-benar putih, tidak abu-abu seperti pada Tab S3

Secara teknis, kedua tablet sama-sama memiliki bump pada bagian belakang karena kamera, namun bump kamera pada Tab S4 sangat kecil, sehingga menurut saya bisa dianggap tidak ada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun