Mohon tunggu...
Rudy Hidayat
Rudy Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta || 20107030146

Hanya melakukan apa yang disukai selama tidak melanggar aturan dan yang menjadi kewajiban, selebihnya tidak ada.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Talaga Bodas, Surga Tersembunyi di Kabupaten Garut

20 April 2021   20:51 Diperbarui: 20 April 2021   21:04 71 2 0 Mohon Tunggu...

Jawa Barat salah satu provinsi di Indonesia yang menyuguhkan begitu banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata budaya, kuliner, wisata alam, dan wisata lainnya. Banyak sekali surga tersembunyi di Jawa Barat, salah satunya berada di Kabupaten Garut.

Wisata alam yang ada di Kota Dodol ini memang tidak ada habisnya, salah satunya Gunung Talaga Bodas. Talaga Bodas merupakan gunung api tua. Namun jarang terekspos, lain hanya dengan gunung yang ada di daerah Garut lainnya seperti Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Meskipun begitu, Gunung Talaga Bodas memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri yang tak kalah cantik dengan gunung yang lainnya.

Kata Talaga sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti telaga. Wisata alam Talaga Bodas hampir mirip dengan objek wisata yang berada di Bandung yang cukup populer, Kawah Putih Ciwidey.

Di Gunung Talaga Bodas, terdapat sebuah kawah bekas letusan yang sekarang menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bila anda berkunjung ke Garut. Ukuran kawah yang cukup luas dengan warna air yang tampak menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata alam Talaga Bodas. Tidak heran jika wisata alam Talaga Bodas hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya.

Rute menuju wisata alam Talaga Bodas tidak begitu rumit, karena tidak ada banyak percabangan. Namun untuk menuju Talaga Bodas anda harus memakai kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum untuk menuju wisata alam tersebut. Di sepanjang perjalanan menuju wisata alam Talaga Bodas anda akan disuguhkan dengan pemandangan dari kebun-kebun berbagai jenis sayuran, serta deretan pepohonan yang rindang.

Begitu anda sampai di kawasan Selatan dari Talaga Bodas, anda dapat melihat megahnya Gunung Sadahurip. Gunung tua yang dulu sempat menjadi perbincangan ramai beberapa tahun belakangan karena bentuknya yang menyerupai piramida.

Untuk masuk ke kawasan wisata alam Talaga Bodas, bagi anda wisatawan lokal hanya harus merogoh kocek sebesar 7000 Rupiah untuk hari biasa dan 9500 Rupiah untuk hari libur. Sementara untuk wisatawan mancanegara, akan dikenakan biaya 105000 Rupiah pada hari biasa dan 155000 Rupiah di hari libur. Harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi.

Wisata alam Talaga Bodas buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Dimana pengunjung bebas untuk menikmati keindahannya tanpa terkecuali. Pengunjung juga diperbolehkan untuk mengabadikan momen, asalkan tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Kawah Talaga Bodas berjarak kurang lebih 900 meter dari area parkir kendaraan, dimana kendaraan pribadi apapun tidak diperkenankan untuk masuk ke area kawah. Tapi tenang saja, jika anda malas berjalan kaki untuk sampai ke kawah, anda bisa menyewa sepeda motor disana. Selama perjalanan dari area parkir menuju kawah, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup menyegarkan mata dari pepohonan hutan lebat.

Bahkan, di sela-sela perjalanan menuju lokasi utama, anda akan disuguhkan dengan panorama cantik dari bukit yang mengelilingi daerah tersebut. Ditambah dengan suasana asri khas pegunungan yang membuat diri kita menjadi rileks dan membuat pikiran kita menjadi jernih. Belum lagi saat anda sudah lebih dekat dengan kawah Talaga Bodas, dijamin anda akan dibuat takjub sampai tak rela untuk mengedipkan mata.

Talaga Bodas (Dokpri)
Talaga Bodas (Dokpri)
Tak seperti warna air pada umumnya, air di kawah Telaga Bodas berwarna putih kehijauan yang membuatnya terlihat unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Warna tersebut diketahui berasal dari adanya kandungan belerang alami di dalam airnya. Namun tetap saja, meskipun terlihat cantik dan menyegarkan, para pengunjung tidak diperkenankan untuk meminum air dari kawah Talaga Bodas. Mengingat kandungan belerangnya yang cukup tinggi, akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN