Energi

Alat Pengubah Biomassa dan Batubara Menjadi Gas

23 Februari 2018   18:15 Diperbarui: 24 Februari 2018   16:29 325 0 0
Alat Pengubah Biomassa dan Batubara Menjadi Gas
peleburan-5a913064caf7db43345b9802.jpg

Biomassa dan batubara menjadi gas??? Caranya??

Ini mungkin yang terbersit dalam benak anda. Tetapi semuanya mungkin kalau ada media atau alatnya. Alat tersebut adalah generator gas atau gasifier.

Gasifier adalah suatu alat pengubah bahan bakar padat seperti biomassa dan batubara menjadi gas sintesis, yang terdiri dari karbon monoksida (CO), hidrogen (H2) dan metan (CH4). Gas yang dihasilkan adalah gas mampu bakar yang mempunyai kalori, dimana kalori yang dihasilkan 1000-1500 kkal.

Proses keseluruhan dinamakan proses  gasifikasi, yaitu dalam pembakaran dikatakan proses pembakaran tidak sempurna dimana oksigen sebagai pengoksidasi dibatasi.

Gasifier telah kita aplikasikan untuk IKM khususnya yang banyak menggunakan BBM untuk boiler atau pembakaran lainnya. IKM tersebut adalah pengrajin tahu dan tempe, peleburan aluminium, kerupuk dsb. 

Gasifier ini bisa menghemat sampai 50-75% dari pada penggunaan BBM, dan alat ini juga bisa diaplikasikan pada pembangkit tenaga listrik yang tadinya memakai BBM, tetapi perlu penambahan unit tertentu sebagai pembersih gas yang dihasilkan.

Menarik bukan???  

Gasifier itu bisa dilihat pada tayangan sbb :


Nah itu sebagai penjelasan singkat, semoga bermanfaat.