Mohon tunggu...
Rudi gusti
Rudi gusti Mohon Tunggu... freedom of speech

Mahasiswa FISIP Ilmu komunikasi semester 2 universitas muhammadiyah ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips-tips Agar Kamu Semangat Kuliah Online dan Anti Stres di Masa Pandemi

25 Juni 2020   14:42 Diperbarui: 25 Juni 2020   17:04 210 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips-tips Agar Kamu Semangat Kuliah Online dan Anti Stres di Masa Pandemi
gambar-artikel-5ef45575097f366134176332.jpg

Sebagai mahasiswa pastinya perah mendengar istilah 'mahasiswa kupu-kupu' yang berarti 'kuliah pulang-kuliah pulang' yang menyebabkan tingkat produktivitas mahasiswa menjadi rendah. Sebelum adanya masa-masa sulit kerena pandemi ini, mahasiswa harus datang ke kampus dan bertatap muka dengan dosen secara langsung, namu sekarang keadaaan sudah berbeda. semua mahasiswa diwajubkan untuk  mengikuti perkuliahan secara daring.

Namun, untuk menjadi seorang mahasiswa yang produktif saat pandemi Covid-19 ini bukanlah hal yang gampang. Apalagi ketika dihadapkan dengan berbagai tugas dan tekanan deadline dari dosen yang membuatmu hanya memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan semua tugas perkuliahan. Hal ini akan berdampak pada tingkat kesehatan mental, seperti kecemasan berlebihan bahkan depresi maupun stres.

Nah karena itu, saya ingin membagikan tips untuk kamu agar tetap produktif kuliah daring selama masa pandemi Covid-19 ini.

  • Atur sendiri waktu pengerjaan tugas

Meskipun selama pandemi Covid-19 semua perkuliahan dilakukan secara daring, usahakan semua tugas bisa selesai tepat waktu. Untuk itu membuat time schedule dan buatlah goals dari tugas-tugas mu tiap harinya. Dengan begitu kamu akan tahu perkembangan tugas dan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

  • Atur pola yang konsisten

Menetapkan waktu agar konsisten juga penting. Selama kita #dirumahaja, pasti bawaanya malas bangun pagi dan malas mandi, kan? Eits, ternyata bangun pagi merupakan kunci utamanya untuk konsisten karena dengan bangun pagi dapat meningkatkan produktivitas kamu, Hal ini pun berpengaruh pada mood kamu supaya terbentuk untuk melaksanakan perkuliahan secara daring dan tidak ada hasrat untuk tidur lagi. Kebiasaan bangun pagi bisa membuatmu lebih siap dalam mengikuti kuliah daring.

  • Siapkan ruang khusus belajar

Siapkan satu ruangan khusus belajar, karena dengan tempat kerja yang tepat akan memengaruhi mood kamu. Hal ini merupakan salah satu aspek terpenting karena dengan adanya ruang khusus bisa membuat kamu lebih fokus dan nyaman selama menjalani perkuliahan secara daring maupun mengerjakan semua tugas-tugas. Tidak harus suatu ruangan baru,  kamar tidur, ruang tamu, maupun ruang keluarga bisa kamu sulap menjadi ruang khusus kamu.

  • Abaikan segala godaan dan gangguan

Biasanya ketika berada di rumah dalam jangka waktu yang lama selama pandemi Covid-19 bisa membuatmu merasa bosan. Kamu pun akan sangat mudah terganggu fokusmu saat mengerjakan tugas maupun melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring. Gangguan yang biasa dialami antara lain notifikasi gadget pada media sosial, games, dan streaming film, teman yang malas seperti tidak mengerjakan dan melupakan tugas-tugas perkuliahan, serta rebahan di kasur tanpa melakukan hal produktif. Maka dari itu selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung, sebaiknya hal-hal tersebut harus bisa kamu abaikan dan hindari terlebih dahulu dalam pengerjaan tugas. Hal ini agar tugas yang telah diberikan tidak terbengkalai begitu saja.

  • Atur waktu berolahraga

Melakukan aktivitas olahraga sangat penting karena akan  membantu menjaga daya tahan tubuh dan kondisi badan agar tetap sehat dan bugar. Aktivitas ini dapat dilakukan saat pagi maupun sore hari, minimal 15 menit setiap harinya. Dengan berolahraga kamu dapat mengurangi stres dan gelisah selama masa pandemi Covid-19 ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x