Mohon tunggu...
Cahya Nugraha
Cahya Nugraha Mohon Tunggu... Human Resources - Suka naik gunung, camping, jalan-jalan, makan-makan. @rubikomugglo

Baru menjelajahi 18 dari 17.000 pulau di Indonesia. Blog: rubikomugglo.weebly.com Twitter: @rubikomugglo Instagram: rubikomugglo

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

7 Kuliner dan Rumah Makan di Belitung yang Harus Kalian Coba!

14 Mei 2018   16:19 Diperbarui: 14 Mei 2018   16:25 23531 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kuliner dan Rumah Makan di Belitung yang Harus Kalian Coba!
Kong Djie (Dok.pribadi)

Banyak orang datang ke pulau Belitung dengan niatan ingin merasakan indahnya pasir putih di sepanjang garis pantainya. Tak banyak orang tahu bahwa Belitung juga punya kuliner yang juara rasanya. Berikut adalah kuliner yang harus kalian coba ketika menyempatkan diri berwisata di Belitung. 

1. Warung Kopi Belitung

Tepat rasanya jika memberikan nama Belitung sebagai pulau penikmat kopi. Di sepanjang jalan, banyak warung yang menjajakan kopi. Mayoritas diseduh dengan cara tradisional, menuangkan kopi bubuk ke sebuah gelas wadah, menambahkan air panas yang dimasak menggunakan arang, mengaduknya perlahan, lalu menuangkan kopi panas itu dan disaring menggunakan saringan kain agar kopi tak mempunyai banyak ampas. Saya mencoba beberapa warung kopi tetapi hanya memesan menu yang sama agar bisa memberikan perbandingan untuk kalian semua.

Saya mencoba 3 warkop (warung kopi) yakni, Kong Djie, Warkop Ake, dan Warkop Atet. Warkop Kong Djie mungkin merupakan warung kopi paling terkenal di Belitung, ia mempunyai banyak cabang yang menyebar hingga Jakarta dan Jogjakarta. Kalau ingin ke Kong Djie, datanglah ke warung yang paling awal berdiri yaitu yang berlokasi di dekat Monumen Batu Satam, arah ke Tanjung Pendam. 

Saya memesan kopi susu dan telur setengah matang. Disini kopinya tidak terlalu manis, malah cenderung agak ke pahit. Kopinya nendang, saat dicium, harum kopi dengan mudah merayap masuk ke rongga hidung. Untuk yang suka dengan kopi susu yang tidak terlalu manis, silakan singgah disini. Seporsi kopi susu dan telur setengah matang dihargai Rp. 20.000

Warung kopi kedua yang kami coba dan masih berdekatan kopi Kong Djie adalah warung kopi Ake. Lokasinya di ruko dekat dengan Monumen Batu Satam. Disini, rasa kopi susunya lebih manis ketimbang yang ada di Warkop Kong Djie. Karena warungnya berlokasi di ruko, maka suasanya bersih dan rapi. Pada dinding warung, dapat kita lihat banyak artis pernah mampir menyesap kopi racikan warkop ini.

Warung kopi ketiga yang saya coba dan menurut saya yang paling enak adalah yang ini, warkop Atet. Walaupun paling enak, warung ini terletak paling jauh diantara lainnya. Berlokasi di kota Manggar, Belitung Timur, warung ini berbentuk seperti ruko yang berdekatan dengan pasar Manggar. Menurut saya, kopi susu disini pas, seimbang antara pahit dan manisnya. Warung ini tak pernah sepi, saat kami kesana, kursi kursi sudah dipenuhi dengan orang yang ngobrol sambil ditemani secangkir kopi hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN