Mohon tunggu...
PKRS RSKO
PKRS RSKO Mohon Tunggu... Akun PKRS Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi PKRS Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

RSKO Jakarta Adakan Donor Darah, Tanggap Stok Darah DKI Menipis

17 Juni 2021   12:24 Diperbarui: 21 Juni 2021   10:46 217 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
RSKO Jakarta Adakan Donor Darah, Tanggap Stok Darah DKI Menipis
Deskripsi : RSKO Jakarta Adakan Donor Darah I Sumber Foto: dokpri

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta pada hari kamis, 17 Juni 2021 menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais bertempat di lantai 2 ruangan Konfrensi Gedung A RSKO Jakarta

Kegiatan donor darah ini bagian dari rangkaian HUT RSKO Jakarta ke 49 dan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Aksi baik ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi orang lain.

Selain itu, aksi sosial ini terselenggara dikarenakan untuk membantu stok darah RS Kanker Dharmais dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang menurun terimbas Pandemi Covid-19.

Setelah adanya anjuran physical distancing, stok darah di sejumlah daerah berada di ambang batas yang menimbulkan kekhawatiran seiring persediaan yang kian menipis.

Berdasarkan informasi stok darah UTD PMI DKI Jakarta pertanggal 16 Juni 2021 jumlah kantong darah Whole Blood, Trombocyte Concentrate (TC), dan Packed Red Cell untuk golongan darah (A+) 51 kantong darah, golongan darah (B+) 72 kantong darah, golongan darah (AB+) 78 kantong darah, dan golongan darah (O+) 98 kantong darah, total kantong darah 299 kantong darah.

"Donor darah kali ini berkerjasama dengan RS Kanker Dharmais, ini merupakan bentuk saling rasa peduli dan dari Pegawai RSKO Jakarta, dimana RS Kanker Dharmais yang merupakan RS dengan BOR yang tinggi membutuhan stok darah bagi pasien-pasien kanker " ungkap Wahyu Radityo Utomo, SKM, MARS sebagai Ketua Panitia Aksi Donor Darah RSKO Jakarta di Ruang Konfrensi, lantai 2 RSKO Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 93 pendonor (gagal screening 2 orang, HB rendah 4 orang, HB tinggi 2 orang, berhasil donor 85 orang) yang terdiri dari masyarakat umum dan berbagai profesi di RSKO Jakarta baik Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan Lainnya, Administratif, Keamanan, dan Outsourching di lingkungan RSKO Jakarta.

Untuk itu RS.Kanker Dharmais menyediakan 6 (enam) bed pemeriksaan dengan menyertakan 8 (delapan) petugas dalam rangka kegiatan donor darah di RSKO Jakarta.

Turut hadir sebagai pendonor dalam kegiatan donor darah Plt Dirut RSKO Jakarta, dr.R.Soeko W Nindito D., MARS

"saya terpanggil mengikuti donor darah ini karena memiliki niat untuk membantu anggota masyarakat yang membutuhkan transfusi darah dimana di masa pandemi Covid-19 stok kantong darah berkurang" jelasnya.

Plt Dirut RSKO Jakarta berharap dalam penyelenggaraan kegiatan donor darah ini menjadi penyemangat RSKO Jakarta menjelang HUT ke 49 untuk berbuat sesuatu bagi masyarakat dan membantu pemerintah dalam penyediaan kantong darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x