Mohon tunggu...
PKRS RSKO
PKRS RSKO Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Akun PKRS Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi PKRS Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Rangkaian Acara HUT RSKO Jakarta ke-49: "Living A Life Without Drugs"

11 Juni 2021   14:24 Diperbarui: 11 Juni 2021   14:28 298 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta menginjak usia 49 tahun pada 3 Juli 2021. RSKO Jakarta kali pertama dikenal sebagai Drug Dependence Unit (DDU) yang merupakan unit layanan penanganan ketergantungan NAPZA.

Pengertian NAPZA Menurut Undang - Undang RI No.22/1997 (diperbaharui UU RI No. 35 Tahun 2009) tentang Narkotika dan No.5/1997 tentang psikotropika, merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya adalah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologis seseorang (pikiran, perasaan dan prilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologis.

Memperingati HUT ke-49 tahun tersebut, RSKO Jakarta akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan baik untuk internal maupun eksternal rumah sakit.

Puncak acara peringatan dilaksanakan pada hari sabtu 3 Juli 2021 di ruang konferensi Lantai 2 dengan tema besar "49 Tahun RSKO Jakarta : LIVING A LIFE WITHOUT DRUGS".

PLT Dirut RSKO Jakarta, dr.R.Soeko W Nindito D., MARS menyampaikan "saat ini korban penyalahguna NAPZA sudah menyasar berbagai kalangan baik dari Aparatur Sipil Negara, TNI / POLRI, pekerja berbagai sektor, Ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan pelajar. Itu kenapa kehadiran RSKO Jakarta begitu penting dalam turut serta mengedukasi masyarakat " ungkapnya di ruang rapat Dirut RSKO Jakarta (08/06/2021).

Dalam menyambut hari jadi ke 49 (3 Juli 2021) dan berdekatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional (26 Juni 2021), RSKO Jakarta mengadakan berbagai kegiatan baik untuk masyarakat umum maupun civitas hospitalia RSKO Jakarta.

RSKO Jakarta sebagai fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan medis di bidang NAPZA akan mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai hidup sehat tanpa NAPZA kepada pasien Poliklinik Rawat Jalan PTRM (Pelayanan Terapi Rumatan Methadone) dan PTRB (Pelayanan Terapi Rumatan Buprenorfin) sebanyak 20 pasien/hari.

Kegiatan edukasi kesehatan ini diselenggarakan pada tanggal 14, 15, 16 Juni 2021 yang melibatkan Dokter, Perawat, Staf PTRM / PTRB, Staff Promosi Kesehatan Rumah Sakit dan Hukormas RSKO Jakarta.

Dilanjutkan dengan donor darah bagi masyarakat umum, pegawai & keluarga RSKO Jakarta yang dilaksanakan pada kamis, 17 Juni 2021, di ruang konfrensi lantai 2 RSKO Jakarta. Donor darah kali ini diharapkan dapat menghadirkan 100 pendonor.

Tidak hanya itu saja, RSKO Jakarta melaksanakan kegiatan kreativitas pasien rehabilitasi rawat inap (22 Juni 2021) dan rawat jalan (29 juni 2021). Pasien diajak berkompetisi seni melukis yang dilombakan dimana pemenangnya akan memperoleh hadiah yang menarik.

Puncak acara HUT RSKO Jakarta ke 49 akan menggelar 2 (dua) kali webinar dengan topik "Lets Develope Our Identities Without Drugs" bagi masyarakat umum dan "Better Care For Better Life" bagi tenaga kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan