Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

10 Perilaku Sadar Gizi, Sehat Berasal dari Isi Piringku

25 Januari 2020   09:35 Diperbarui: 25 Januari 2020   10:22 153 1 0 Mohon Tunggu...
10 Perilaku Sadar Gizi, Sehat Berasal dari Isi Piringku
Deskripsi : Saatnya Sadar Gizi, Sehat Berasal dari isi piringku I Sumber Foto : instalasi gizi RSKO Jakarta

Tanggal 25 Januari selain perayaan Imlek juga Hari Gizi. Pada hari gizi apakah Anda pernah mendengar sebutan "Isi Piringku" ? Mungkin masih banyak yang lebih mengenal konsep empat sehat lima sempurna dibandingkan dengan Isi Piringku.

Pemerintah saat ini menggencarkan kampanye Isi Piringku sebagai pengganti konsep empat sehat lima sempurna yang selama ini dikenal masyarakat. Isi Piringku merupakan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang.

Deskripsi : Kepala Instalasi Gizi RSKO Jakarta, Titi Paryati, S.Gz, RD I Sumber Foto : Instalasi Gizi RSKO Jakarta
Deskripsi : Kepala Instalasi Gizi RSKO Jakarta, Titi Paryati, S.Gz, RD I Sumber Foto : Instalasi Gizi RSKO Jakarta
Kepala Instalasi Gizi RSKO Jakarta, Titi Paryati, S.Gz, RD menyampaikan "Sehat berawal dari isi piringku. Zat-zat gizi yang tekandung didalam makanan dan minuman yang kita konsumsi membawa pengaruh terhadap system tubuh. Maka tidak salah bila dikatakan bahwa pola asupan makanan menentukan status kesehatan seseorang" ucapnya di ruang Instalasi Gizi RSKO Jakarta (23/1/2020).

Tambahnya, patut dipahami bahwa mengkomsumsi makanan bukan untuk sekedar kenyang, tetapi perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Karena itu masyarakat hendaknya memahami pedoman gizi seimbang yang saat ini disebut dengan istilah "Isi Piringku".

RSKO Jakarta sebagai fasilitas kesehatan yang berbentuk Rumah Sakit Khusus Pelayanan Penyalahgunaan Obat / NAPZA / Narkoba turut memberikan pelayanan penyelenggaraan makanan pasien rawat inap, konsultasi, edukasi dan penyuluhan gizi bagi pasien rawat inap, rawat jalan dan masyarakat umum.

Dalam pemberian pelayanan gizi, Instalasi Gizi RSKO Jakarta mengutamakan gizi seimbang kepada pasien Rawat Inap Napza dan Non Napza.

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Informasi kesehatan mengenai gizi seimbang tidak hanya berguna bagi pasien juga untuk keluarga pasien. Setiap harinya Instalasi Gizi memberikan edukasi gizi di Instalasi rehabilitasi Napza, Rawat Inap Komplikasi Fisik dan Jiwa.

Setelah pasien pulang dari Rawat Inap diharapkan dapat dipraktekkan dan menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat dilingkungannya.

Untuk menuju masyarakat sehat dan berprestasi diperlukan upaya untuk merubah perilaku masyarakat menjadi perilaku sadar gizi.

Demi mencapai hal tersebut ada pesan-pesan yang harus disampaikan untuk diterapkan oleh masyarakat. Pesan gizi seimbang secara garis besar terbagi dalam 2 kelompok yaitu Pesan Umum dan Pesan Khusus Gizi Seimbang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x