Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Rahasia Langsing Pasien Rehabilitasi Narkoba Menjaga Berat Badan

16 September 2019   10:37 Diperbarui: 16 September 2019   10:48 134 1 0 Mohon Tunggu...

Hidup di rumah rehabilitasi narkoba seperti di RSKO Jakarta tentunya tidak diinginkan oleh banyak orang. Tetapi ketika seseorang adiksi terhadap zat haram narkoba mau tidak mau harus di rehabilitasi narkoba.

Bagaimana Rahasia Pasien Rehabilitasi Narkoba terjaga berat badannya ? pastinya banyak pertanyaan keluarga/kerabat, kenapa bila diwaktu visit keluarga para pasien rehabilitasi narkoba terlihat banyak yang memiliki bobot tubuh ideal (terkecuali datang dengan berat badan lebih).

Aktifitas fisik, edukasi kesehatan, dan pengaturan asupan makanan sesuai dengan aturan isi piring ku diberlakukan di RSKO Jakarta kepada seluruh pasien tanpa terkecuali.

Bagaimanakah aktivitas fisik agar berat badan ideal pasien rehabilitasi narkoba terjaga ?

_

Aktivitas Fisik Membersihkan Kamar

Saat para pasien menjadi pecandu narkoba, kehidupan mereka tidak terjadwal bahkan cenderung berantakan. Ketika mereka berada di rumah rehabilitasi narkoba diajarkan untuk hidup lebih teratur.

Selain itu mereka diajarkan untuk hidup sehat dan memperhatikan kebersihan lingkungan. Banyak dari pecandu narkoba yang tidak memperhatikan kebersihan rumah bahkan di kamar mereka sendiri. Bagi masyarakat umum menyebutnya 'jorok'.

Saat bangun tidur, para pasien diwajibkan melaksanakan aktivitas membersihkan kamar mereka sendiri. Aktivitas ini dengan menyapu, mengepel, membersihkan horden + kaca jendela + lemari + bedside cabinet + fasilitas lainnya dikamar termasuk tempat perlengkapan mandi harus kering.

Aktivitas rutin ini seperti olahraga pagi dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga menjaga bobot tubuh ideal.

Setiap pukul tujuh pagi para staff yang bertugas melaksanakan attitude room run (mengontrol kebersihan kamar).  Bila ada kamar yang kurang bersih ini akan menjadi catatan hari ini bagi pasien yang berada di kamar tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x