Mohon tunggu...
ERNA SEPTIANA
ERNA SEPTIANA Mohon Tunggu... Penulis dan aktivis muda

Mahasiswa di Universitas Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Yuk Perangi Rasa Malas!

2 April 2021   17:33 Diperbarui: 2 April 2021   17:42 111 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Perangi Rasa Malas!
Ilustrasi orang malas. Sumber gambar: www.pixabay.com

Malas ialah rasa yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Malas itu menuruti keinginan atau nafsu yang inginnya hanya senang-senang saja. Alhasil sesuatu yang pada awalnya harus kita kerjakan malah terlambat mengerjakan atau tidak kita kerjakan sama sekali. 

Namun, kita perlu tahu bahwa kita adalah manusia biasa yang tak sempurna, ya banyak cela dan kerap kali melakukan kesalahan. 

Malas ialah rasa wajar dalam diri setiap manusia. Terlepas dari itu, kita memiliki rasa yang berlainan dari sifat malas, yakni rajin dan sungguh-sungguh. Jangan kebanyakan malas, ya! Nanti rugi sendiri. Pada tahu 'kan akibat dari malas?

So, dari sini, saya akan membagikan sedikit tips melepaskan diri dari jeratan rasa malas, guys! Simak sampai habis biar tahu solusinya ya!

1. Keluar dari Zona Nyaman

Ketika malas tiba, sadari kalau kamu sedang malas. Kemudian ubah pelan-pelan rasa malas dengan melakukan aktivitas atau perbuatan yang memang akan memberikan manfaat untukmu dan tentunya memberikan kesenangan dalam jangka waktu panjang. Berbeda dengan malas, apabila kita terus menurutinya, benar saja kita mendapatkan kenyamanan dan kesenangan, tetapi tidak bertahan lama.

2. Make Your List, What are you do?

Kita perlu membuat  list kegiatan apa yang kita lakukan di hari ini atau tugas apa yang harus diselesaikan di hari ini. Simpel saja, kamu cukup mengambil selembar kertas dan tuliskan apa-apa yang akan kamu lakukan. Jangan dikasih waktu, hanya tuliskan apa yang kamu lakukan atau tugas yang akan kamu selesaikan. Karena sesuai pengalaman, ketika saya menuliskan waktu, justru tidak bisa on time dan malah menyalahkan diri sendiri karena tugas tidak terselesaikan atau terlambat selesai. Intinya jangan terlalu detail.

3. Atur waktu jam istirahat dengan jam beraktivitas

Kita perlu meluangkan sedikit waktu untuk istirahat, mungkin 15-30 menit. Tujuannya agar kita tidak mudah bosan, tetapi apabila memang ada tugas yang penting untuk dikerjakan dan sifatnya mendesak, maka dari pada meluangkan sedikit waktu untuk istirahat kita selesaikan dulu tugas yang penting dan mendesak tersebut, kemudian setelah selesai baru izinkan diri untuk beristirahat.

4. Mensyukuri sekecil apa pun pencapaian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x