Mohon tunggu...
ERNA SEPTIANA
ERNA SEPTIANA Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan aktivis muda

Mahasiswa di Universitas Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tips dan Trik Banjir Ide Menulis

1 April 2021   10:24 Diperbarui: 1 April 2021   13:10 303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis. Sumber gambar: www.pixabay.com

Terkadang kita bingung mau nulis apa karena ide yang belum juga muncul.  Berapa lama kita menanti munculnya ide? Apa benar ide itu dinanti? Yuk simak tips berikut ini!

Menurut KBBI ide ialah rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita

Dapat disimpulkan ide ialah sesuatu yang berasal dari pikiran kita

Jika ide berasal dari pikiran kita, maka bertubi-tubi ide bisa datang apabila kita menciptakan.

Lantas, bagaimana cara menciptakan ide?

Saya akan sharing tips kepada teman-teman bagaimana ide bisa mengalir lancar (banjir ide) sesuai dengan pengalaman saya, perjalanan saya di dunia kepenulisan.

Saya membaginya ke dalam dua bagian :

  • Persiapan Awal
  • Cara Menciptakan Ide

Persiapan Awal 

Agar mudah menciptakan ide, bertubi-tubi ide datang ada persiapan awal yang mesti teman-teman perhatikan

Pertama, yang perlu  diperhatikan untuk menjadi seorang penulis ialah memastikan bahwa teman-teman memiliki alasan kuat menulis.

Bagi saya menulis ialah kebutuhan jiwa karena menulis saya jadikan sebagai self healing (penyembuh diri) Dari menulis saya mendapatkan ketenangan hati dan pikiran pun perlahan mampu terealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menulis menjadikan saya lebih baik, masalah mudah terurai, memberikan benang-benang solusi. Setiap tulisan atas permasalahan hidup yang awalnya berupa coretan atau tulisan kasar, kemudian saya kembangkan menjadi bentuk yang lebih layak untuk dibaca, memiliki alur sebab akibat yang akan memudahkan pembaca untuk memahami dan menangkap pesan yang ingin saya sampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun