Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ayo Konsumsi Sayur dan Buah untuk Memperlambat Penurunan Daya Ingat

29 November 2022   17:54 Diperbarui: 29 November 2022   18:08 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : neurosciencenews.com  

Kelihatannya judul di tas tampak sangat sederhana dan mungkin sebagain pembaca kurang  akan mempercayainya.

Namun hasil penelitian yang dipublikasikan minggu ini di Neurology, the medical journal of the American Academy of Neurology menguatkan hal tersebut.

Mengkonsumsi buah buahan, sayuran, teh  dan anggur sangat erat terkait dengan anti oksidan  yang dikandung oleh bahan makanan tersebut yaitu Flavonol  

Zat aktif flavonol  inilah yang terkait erat dan dibuktikan secara ilmiah berfungsi  memperlambat penurunan daya ingat kita.

Hasil peneltian yang tampak sederhana ini tentunya akan  berdampak besar bagi upaya untuk mengurangi daya ingat yang secara alami akan terjadi dengan semakin meningkatnya usia kita.

Dengan mengkonsumsi sayuran buah buahan dan teh  secara rutin kita secara mudah dapat mengurangi laju penurunan daya ingat kita.

Flavonol merupakan zat aktif yang berfungsi sebagai cytoprotective yang berfungsi untuk melindungi sel termasuk neuron  yang akan berdampak langsung pada kognitif dan juga menjaga fungsi vital organ tubuh.

Dari hasil penelitian tersebut terungkap bahwa tanaman mengandung lebih dari 5.000 macam komponen flavonoid yang pada tanaman memiliki peran vital dalam menghasilkan sel pertumbuhan, melindungi dari stress lingkungan dan juga meningkatkan daya tarik serangga untuk melakukan polinasi.

Jika di tinjau lebih dalam lafi flavonol merupakan salah satu tipe flanonoid yang jika diberikan pada hewan dan manusia akan mengurangi inflamasi yang  selama ini terkait dengan  kemunculan penyakit kronis.

Tiga Tipe Flavonol

Dari hasil penelitian ini berhasil diungkap bahwa salah satu tipe flavonol yaitu kaempferol berhasil diidentifikasi berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker dan pada saat yang bersamaan melindungi sel sel yang normal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun