Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Rakyat Pakistan Alami Krisis Pangan, Dunia Acuh

4 Oktober 2022   10:35 Diperbarui: 4 Oktober 2022   10:39 240 37 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5.7 juta penduduk pakistan alami rawan pangan  tingkat sedang sampai parah. Photo. AP: Pervez Masih 

Sikap dunia  yang sangat kontras terjadi ketika menyikapi dua tragedi kemanusiaan  yang berbeda.

Dunia (baca Amerika dan sekutunya) berbondong bonding  tanpa diminta mengelontorkan uangnya untuk memberikan bantuan senjata, peralatan militer dll untuk membela Ukrainia dari serangan Rusia.

Di lain ketika Pakistan dilanda banjir besar yang mengakibatkan rakyat Pakistan kini menghadapi krisis pangan, dunia diam seribu basa.

Jelas sekali tampak di depan mata bahwa bantuan Amerika dan sekutunya hanya diberikan jika negara yang dibantunya memiliki nilai politis dan nilai ekonomus yang menguntungkan bagi Amerika dan sekutunya.

Bahkan  ketika  Badan Kemanusiaan PBB memperingatkan bahwa sekitar 5,7 juta korban banjir Pakistan akan menghadapi krisis pangan yang serius dalam tiga bulan ke depan, negara kaya di dunia sama sekali tidak perduli.

Pada saat sebelum banjir besar melanda  yang memporak porandakan perekonomian,  Pakistan tercatat bahwa 16% penduduk Pakistan sudah hidup dalam situasi kerawanan pangan  tingkat sedang atau tingkat parah.

Dalam upaya untuk mencegah terjadinya krisis pangan di Pakistan pasca banjir  PBB memang telah mengirimkan bantuan kepada 1,6 juta orang tetapi jumlah bantuan ini jauh dari cukup untuk para korban banjir yang selamat.

Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka para korban banjir Pakistan sudah dapat dipastikan akan mengalami krisis kesehatan dan krisis pangan.

Dampak Banjir yang Mematikan

Secara resmi Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan melaporkan bahwa bencana banjir besar di Pakistan yang dipicu oleh hujan yang sangat deras yang berlangsung berminggu minggu ini telah memakan korban jiwa sebanyak 1.695 orang.

Banjir ini secara tidak langsung mempengaruhi kehidupan sebanyak 33 juta penduduk Pakistan lainnya, meenghancurkan lebih dari 2 juta rumah dan menyebabkan ratusan ribu penduduk mengungsi dan tinggal di tenda tenda darurat yang tidak layak huni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan