Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Memahami Penentuan Harga BBM di Australia

27 September 2022   08:13 Diperbarui: 5 Oktober 2022   01:00 453 47 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi peta benua Australia. (sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Gonjang ganjing pengurangan subsidi BBM yang berkibat pada kenaikan harga BBM di Indonesia memang masih terasa sampai sekarang.

Hal ini dapat difahami karena BBM menyangkut hajat hidup orang banyak dan juga akan berdampak langsung pada sektor lainnya, seperti kenaikan harga barang dan jasa,

Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya tanya bagaimana sistem penentuan harga BBM di negara lain? Apakah sama dengan di Indonesia? Apakah harga BBM juga naik?

Mari kita ambil contoh negara tetangga terdekat kita yaitu Australia agar kita dapat memahami  lebih jelas mengapa subsidi BBM yang tidak tepat sasaran terjadi dan upaya pemerintah untuk mengurangi subsidi ini.

Bagaimana Harga BBM Ditentukan?

Perbedaan yang paling mendasar dengan Indonesia adalah pemerintah Australia tidak mengatur harga BBM dan hal ini terjadi sejak tahun 1998 lalu. Pemerintah Australia hanya mengatur seberapa besar pajak BBM yang harus disetor ke pemerintah.

Artinya harga BBM di Australia sepenuhnya diatur oleh pemasok, pengecer  dan ditentukan oleh harga pasar.

Dalam kondisi seperti ini pengecer berwenang  menerapkan kebijakan  harga BBM  yang dinamakan dengan siklus  harga BBM  yang tidak terkait dengan perubahan biaya di level  pemasok.

Dengan menggunakan sistem siklus harga  ini  harga  bahan bakar akan  terus turun pada suatu periode sebelum mengalami kenaikan yang  tajam. Durasi siklus harga BBM ini  bervariasi untuk setiap negara bagian namun  biasanya berkisar antara 13-38 hari.

Menurut Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) harga bahan bakar di Australia sangat tergantung pada  4 faktor yaitu : perubahan harga minyak di pasaran dunia, nilai dollar Australia terhadap dollar Amerika, tingkat persiangan  di berbagai wilayah  serta keputusan penentuan harga oleh pemasok dan pengecer BBM.

Kebijakan Pemerintah

Dalam upaya untuk mengurangi beban masyarakat Australia akibat  peningkatan biaya hidup, inflasi dan resesi yang melanda dunia, sejak Bulan Maret 2022 lalu pemerintah Australia ketika masih di bawah pemerintahan Scott Morison  mengambil kebijakan untuk memberikan diskon pajak BBMsebesar 50%

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan