Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pasca Tebunuhnya Ayman al-Zawahiri, Akankah Al Qaeda Pupus?

8 Agustus 2022   22:22 Diperbarui: 8 Agustus 2022   23:01 306 49 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayman al-Zawahiri  Photo:  SITE INTELLIGENCE GROUP/AFP/GettyImage

Secara de facto Amerika memang sudah  hengkang dari Afghanistan, namun Amerika  tidak pernah lepas dari  bayang bayang perang Afghanistan yang berakhir dari hengkangnya tentara Amerika dari medan perang Afghanistan.

Entah sudah berapa kali serangan yang dilakukan oleh Amerika dengan menggunakan pesawat tidak berawak (drone) untuk membunuh tokoh Al Qaeda yang merupakan musuh bebuyutan Amerika sejak terjadi serangan 9/11 yang merontokkan World  Trade Center sekaligus mempermalukan  Amerika.

Osama bin Laden memang sudah terbunuh, namun Amerika menyadari masih banyak lagi pimpinan Al Qaeda yang berpotentsi bangkit kembali dan melakukan terror.

Oleh sebab itu,  dapat dimengerti jika  Amerika akan terus melakukan pengejaran tokoh tokoh Al Qaeda dan  berusaha mengeliminasinya dengan cara apapun.

Hal ini terbukti  ketika minggu lalu di pagi hari serangan drone Amerika berhasil membunuh pemimpin al-Qaeda  berusia  71 tahun Ayman al-Zawahiri di sebuah rumah persembunyian Kabul.

Al-Zawahiri berhasil dibunuh di sebuah rumah persembunyian di pumukiman elit  di Kabul, hanya 1,5 kilometer dari istana presiden.

Keberhasilan ini tentunya menggambarkan betapa kuatnya  intelejen Amerika yang melacak keberadaannya selama 20 tahun dan berhasil mendeteksi keberadaan Ayman al-Zawahiri secara tepat dan dengan pilihan waktu yang tepat berhasil diserang dan dibunuh dengan menggunakan drone.

Siapa Ayman al-Zawahiri ?

Pada tahun 2011 lalu Al-Zawahiri yang merupakan salah satu tokoh kunci  mengambil alih kepemimpinan al-Qaeda setelah pembunuhan Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan.

Osama Bin Laden (kiri) and Zawahiri (kanan) mengobarkan perang melawan Amerika dan merancang serangan 9/11. Photo: Reuters.
Osama Bin Laden (kiri) and Zawahiri (kanan) mengobarkan perang melawan Amerika dan merancang serangan 9/11. Photo: Reuters.

Banyak kalangan yang menilai bahwa Al-Zawahiri  merupakan pemimpin yang tidak karismatik tetapi kompeten untuk memimpin Al Qaeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan