Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Pertemuan ASEAN- Amerika, Akankah ASEAN Tunduk pada Keinginan Amerika?

13 Mei 2022   11:17 Diperbarui: 14 Mei 2022   09:05 1128 49 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pertemuan Khsusu ASEAN-Amerika berlangsung 12-13 Mei 2022. Photo: AFP. 

Akhir pekan ini merupakan momen penting bagi ASEAN , karena mendapat undangan khusus dari Joe Biden untuk melakukan pertemuan di negara Paman Sam ini.

Tidak tanggung tanggung jika di jaman Barack Obama tahun 2016 lalu,   ASEAN pernah diundang oleh Amerika di the Sunnylands ranch in California, maka dalam catatan sejarah setelah 45 tahun baru kali ini pimpinan ASEAN diundang ke White House.

Kepentingan Politik

Ada pertanyaan yang paling mendasar mengapa Joe Biden yang selama ini memfokuskan perhatiannya pada Jepang,  Korea  dan Tiongkok, tiba tiba melirik ASEAN?

Pertemuan ASEAN dan Amerika yang  akan berlangsung selama  2 hari memang terasa sangat spesial bagi ASEAN karena Joe Biden akan menyambut kedatangan pada pimpinan ASEAN ini dengan Red Carpet.

Agenda pertemuan pada tanggal 12 Mei waktu Amerika adalah mengunjungi The Capitol dimana para pimpinan negara  akan bertemu dengan Nancy Pelosi yang posisinya saat ini adalah House Speaker yang dilanjutkan dengan pertemuan dan makan siang bersama anggota parlemen dari partai Republik dan Partai Demokrat.

Setelah itu diagendakan pertemuan dengan Sekretaris Perdagangan dan juga pengusaha untuk mendiskusikan kerjasama ekonomi.

Pada sore harinya para pimpinan ASEAN ini akan diundang makan malam bersama Joe Biden di White House.

Jika ditelisik lebih dalam lagi dari pernyataan pejabat senior Amerika memang pertemuan ini bukanlah sekedar basa basi saja sebagai penghormatan pada ASEAN, namun ada agenda khusus dari Amerika agar paling tidak ASEAN dapat dimanfaatkan untuk kepentingan politik Amerika.

Pejabat senior Amerika menyatakan bahwa  pertemuan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mendengarkan aspirasi ASEAN dan mendengarkan apa yang dapat dibantu oleh Amerika dalam mewujudkan aspirasi ini.

Dalam pertemuan ini akan ada acara pertemuan pribadi dengan presiden Biden yang tentunya dimaksudkan untuk menyampaikan keinginan khusus Joe Biden terhadap para piminan ASEAN ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan