Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Jalan Pintas Menggunakan Jasa Publikasi Abal-Abal

10 April 2022   17:08 Diperbarui: 18 April 2022   20:51 2555 70 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dunia pendidikan dan penelitian kembali dihebohkan dengan maraknya berbagai iklan di Shopee yang menawarkan jasa pembuatan karya ilmiah dan jaminan karya ilmiah tersebut dipublikasikan di jurnal Nasional terakreditasi peringkat 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. (lihat tautan salah satu iklannya di sini).

Biaya yang ditawarkan untuk jasa "illegal" ini disebutkan berkisar antara Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 850.000 yang tergantung pada target jurnal nasional yang dituju.

Tawaran jasanya cukup meyakinkan dan menggiurkan diantaranya:

  • Harga tersebut temasuk biaya publikasi di jurnal
  • Menangani semua bidang ilmu
  • Pengguna cukup menyampaikan topik dan daftar pustakanya saja dan pemberi jasa akan menuliskan artikel lengkapnya
  • Dibantu jika ada revisi
  • dan... dijamin ORI alias Original

Hal lain yang menakjubkan adalah jaminan penyedia jasa untuk mensiasati syarat jurnal terkait sitasi dari institusi penulis.

Sebagai contoh jika ada jurnal yang sangat memperhatikan sitasi dari institusi tersebut, maka pengguna jasa akan dapat mengaturnya dengan cara memasukan sitasi sebanyak 40% dari dosen yang ada disana.

Layanan ini ternyata telah ada penggunanya dan mendapatkan 5 bintang dari penggunanya yang mencerminkan penggunanya merasa sangat puas. Di dalam salah satu laman penyedia mencantumkan bahwa pengguna jasa ini sudah ada 5 orang.

Ada dua penawaran jasa yang tampaknya juga saling terkait karena jasa yang ditawarkan hampir sama dengan jaminan yang hampir sama bahkan penggunanya sudah ada 12 orang (lihat tautannya disini) dan yang satunya lagi penggunanya sudah ada 3 orang (lihat tautannya disini).

Bahkan salah satu iklan layanannya menawarkan jasa publikasi untuk diterbitkan di jurnal internasional terindex scopus (lihat tautannya di sini) dengan biaya Rp 1 juta.

Jika ditelusuri lebih lanjut layanan pemberi jasa pembuatan publikasi abal-abal ini juga banyak ditawarkan di platform Tokopedia dengan harga jasa yang bervariasi yaitu ada yang mencapai Rp. 6 juta untuk publikasi di Sinta 2 (lihat salah satu linknya)

Iklan Salah satu layanan yang ditawarkan. Photo: Tangkapan layar dri platform penyedia jasa
Iklan Salah satu layanan yang ditawarkan. Photo: Tangkapan layar dri platform penyedia jasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan