Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pelajaran dari Kekalahan Telak 18-0 Tim Sepak Bola Wanita Indonesia Lawan Tim Matildas Australia

22 Januari 2022   17:08 Diperbarui: 22 Januari 2022   19:29 387 46 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Matildas Australia ketika mengalahkan Indonesia. Photo: Getty: Steven Markham  

Tim sepakbola wania Australia yang lebih akrab dikenal sebagal Matildas ini memang sudah diprediksi akan dapat menaklukan Tim sepakbola putri Indonesia karena memang kelas Matildas berada di atas kelas tim sepakbola wanita Indonesia (catatan: Indonesia berada di ranking 94).

Tim sepak bola  wanita Australia Matildas yang namanya diambil dari lagu rakyat yang berjudul  Waltzing Matilda yang sebelumnya dikenal sebagai Female Socceroos,  sebelum tahun 1995 memang merupakan salah satu tim sepakbola wanita yang cukup disegani di ajang pertandingan sepakbola di dunia karena prestasinya.

Menurut data yang dikelurakan oleh FIFA tanggal 20 Sgustus 2021, Maltidas menempati peringkat 11  dunia, dua peringkat di bawah Korea Utara dan dua peringkat di atas Jepang.

Namun tetap saja  ketika pada pertandingan pertamanya  di Asian Cup  di Mumbai kemaren  lalu ketika berhasil mengalahkan dengan skor telak 18.0 menjadi kehobohan tersendiri di Australia karena ada dua sejarah yang berhasil ditorehkan oleh Matildas.

Pertama Matildas berhasil menorehkan sejarah mencetak gol terbanyak  tanpa balasan di pertandingan Asian Cup. Jumlah gol yang tercipta ini hanya 3 gol lebih sedikit ketika di tahun 1998 menghantam American Samoa dengan skor 21.0.

Kedua kapten Matildas,  Sam Kerr juga menyumbangkan 5 gol yang membuat dirinya tercatat sebagai pemain tersubur Australia karena dari 105 pertandingan internasional yang dilakukannya untuk membela Australia dirinya berhasil mencetak 54 gol.

Rekor yang diciptakan oleh  Sam Kerr ini  bahkan 4 gol lebih banyak jika dibandingkan dengan top scorer pemain  sepakbola laki laki Australia Tim Cahill.

Gol demi gol secara cepat diciptakan oleh tim Matildas ini mengalir deras bahkan beberapa gol banyak yang tercipta  hanya berselang 1 dan 2  menit saja dari gol sebelumnya.

Kebanggaan tim Matildas ini memang sudah selayaknya mereka rayakan karena merupakan  pertandingan yang akan selalu mereka kenang dengan melihat  catatan gol yang tercipta berikut :

  1. Sam Kerr  9'
  2. Sam Kerr 11'
  3. Caitlin Foord 14'
  4. Mary Fowler 17'
  5. Hayley Raso 24'
  6. Sam Kerr 26'
  7. Ellie Carpenter 34'
  8. Sam Kerr 36'
  9. Emily van Egmond 40'
  10. Ellie Carpenter 49'
  11. Sam Kerr 54'
  12. Emily van Egmond 57'
  13. Tameka Yallop 59'
  14. Holly McNamara 68'
  15. Emily van Egmond 69'
  16. Kyah Simon 71'
  17. Aivi Luik 79'
  18. Hayley Raso 88'

Walaupun Australia difavoritkan memenangi Asian Cup 2022  ini, kemenangan telak Australia atas Indonesia tentunya belum menjamin Australia akan memenangi ajang turneman sepakbola yang cukup bergengsi ini karena Matildas belum teruji menghadapi tim papan atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan