Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Menguak Rahasia Kerbau Belang Toraja

16 Januari 2022   10:47 Diperbarui: 16 Januari 2022   12:29 654 59 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tedong  Bonga Saleko. Photo :   Yusnizar et al. 2015, Catatan: penulis adalah anggota tim peneliti 

     

Konservasi sumberdaya ternak lokal sangat erat hubungannya dengan budaya setempat yang sudah mengakar selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Sebagai contoh keberadaan kerbau belang di Tana Toraja sangat penting bagi masyarakat setempat karena terkait dengan budaya dan kepercayaan setempat yang diwariskan secara turun menurun.

Terkonsentrasinya populasi kerbau belang di Tana Toraja dalam jumlah yang cukup banyak memang sangat unik dan tidak ditemui di belahan dunia  manapun.

Bagi masyarakat Toraja,  kerbau tidak saja melambangkan kesejahteraan pemiliknya namun juga merupakan bagian penting dalam upacara Rambu Solo yang merupakan ritual acara pemakaman yang telah  mengakar di budaya masyarakat Toraja.

Dalam ritual ini kerbau diperaya merupakan kekuatan dan wahana arwah untuk mencapai nirwana.  Semakin banyak kerbau yang dikorbankan dalam ritual pemakaman ini maka dipercaya akan semakin baik  kehidupan mediang di alam baka.

Kerbau belang tidak dapat dipisahkan dari budaya dan masyarakat Toraja. Photo:  wego.com 
Kerbau belang tidak dapat dipisahkan dari budaya dan masyarakat Toraja. Photo:  wego.com 

Harga seekor kerbau belang berkisar antara ratusan juta sampai 1 milyar dan sangat tergantung pada pola warna kerbau belang ini.

Kerbau belang yang ada di Tana Toraja memiliki pola warna yang berbeda beda dan masing masing memiliki nama sendiri.  Salah satu pola warna yang paling penting dan berharga adalah yang dinamakan Tedong  Bonga Saleko.

Berbagai macam pola warna kerbau Toraja. Photo: Yusnizar et al. 2015, Catatan: penulis adalah anggota tim peneliti
Berbagai macam pola warna kerbau Toraja. Photo: Yusnizar et al. 2015, Catatan: penulis adalah anggota tim peneliti

Kerbau belang yang masuk kategori  Tedong  Bonga Saleko memiliki warna dasar hitam  dengan corak warna putih  dengan ciri khas  pola tertentu.

Jarangnya munculnya kerbau belang dengan pola warna ini membuat harga seekor Tedong Bonga Saleko dapat mencapai Rp. 1 milyar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan