Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

40 Tahun Pandemi HIV/AIDS yang Mulai Terlupakan

30 November 2021   05:00 Diperbarui: 1 Desember 2021   09:04 267 39 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: viventhealth.org 

Badan kesehatan dunia WHO pada tahun 1988 mendeklarasikan tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia sebagai upaya untuk mengingatkan  betapa berbahayanya  virus HIV dan sedemikan luasnya penyebarannya.

40 tahun lalu tepatnya pada tanggal 5 Juni  1981 dunia dikejutkan dengan adanya laporan yang dibuat oleh Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR) terkait adanya 5 kasus  "unik" yang saat ini kita kenal sekarang sebagai  sebagai Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Sejak kejadian pertama tersebut,  HIV/AIDS berkembang sangat cepat  menjadi pandemi yang sangat menakutkan karena tidak saja telah menjangkiti sebanyak 75,7  juta orang, namun telah memakan korban jiwa sebanyak 32 juta orang.

Bahkan sampai saat inipun ketika HIV/AIDS mulai terlupakan akibat dasyatnya pendemi Covid-19 ada sebanyak 38 juta orang yang hidupnya bersahabat dengan penyakit yang menakutkan sekaligus mematikan ini.

Menurut jurnal ilmiah ternama Lancet, target WHO untuk mengakhir pandemi HIV/AIDS pada tahun 2030 mendatang masih menimbulkan keraguan karena angka kematian akibat penyakit ini di tahun 2019 masih mencapai 690 ribu orang.

Upaya ilmuwan untuk menguak bagaimana virus HIV menular ke manusia dan menyebar dengan sangat cepat mulai menemui titik terang  di tahun 1999 atau tepatnya 18 tahun setelah kasus pertama HIV di Amerika ditemukan.

Para ilmuwan berhasil melacak asal usul virus ini sampai menemui titik awalnya yaitu simpanse dan mengidentifikasi simian immunodeficiency virus (SIV) yang identik dengan HIV sebagai penyebab penurunan system imun pada monyet dan kera.

Perpindahan target virus ini dari simpanse ke manusia diduga karena praktek perburuan simpanse untuk dikonsumsi. 

Simpanse yang terinfeksi SIV ini dimakan oleh manusia dan menjadi titik awal lompatan virus ini dari simpase ke manusia  yang kelak dikenal dengan HIV ini.

Diduga virus HIV ini sudah  masuk ke Amerika sekitar sepuluh tahun sebelum kasus HIV pertama teridentifikasi namun tampaknya belum menarik perhatian praktisi kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan