Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa yang Salah Denganmu Mohamed Salah?

13 November 2021   12:01 Diperbarui: 14 November 2021   09:20 61800 62 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo:   Jan Kruger/Getty Images

Berbicara dan mendikusikan Mo Salah memang selalu menarik.

Jika dilihat dari kiprah dan rekor gol yang telah diciptakannya tidak ada satu pun  yang bisa membantah kepiawaian Mo Salah dalam menerima  umpan dan mengolahnya menjadi gol memang sangat luar biasa.

Data berikut jelas memperlihatkan bahwa Mo Salah saat ini merupakan pemain asal Afrika yang paling subur di Liga Inggris.

Mo Salah telah mencetak 105 gol dari 164 pertandingan yang mengungguli torehan prestasi Didier Drogba yang mencetak sebanyak 104 gol namun dengan jumlah pertandingan yang jauh lebih banyak yaitu 254 pertandingan.

Tiga pemain  asal Afrika yang mendekati prestrasi Mo Salah dan Drogba adalah Sadio Mane yang berhasil mencetak sebanyak 98 gol dari 234 pertandingan disusul oleh Emanuel Adebayor yang berhasil mencetak 97 gol dari 241 pertandingan dan Yakubu Ayegbeni yang mencetak 95 gol dari 252 pertandingan.

Namun pertanyaan yang paling mendasar  adalah: mengapa liga Inggris tidak mengebohkan sekaligus terkesan memandang sebelah mata prestasi gemilang Mo Salah?

Mereka lebih cenderung mengagung agungkan prestasi pemain lain seperti misalnya Drogba, Sergio Aguero,  Romelu Lukaku, Yaya Toure dan Thierry Henry padahal jumlah gol yang dihasilkannya berada  di bawah perolehan Mo Salah.

Jika ditelisik lebih dalam lagi memang ibarat intan, prestasi Mo Sallah baru terlihat terasah dan  berkilau  ketika bergabung dengan Liverpool.

Sebelumnya prestasi Mo Salah di liga Inggris sama  sekali belum terlihat dan cenderung dipandang sebelah mata.

Jika dilihat catatan prestasi Mo Salah sebelum bergabung dengan Liverpool memang kurang meyakinkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan