Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Kekuatan Militer Tiongkok yang Mengkhawatirkan Amerika dan Sekutunya

30 Oktober 2021   21:51 Diperbarui: 31 Oktober 2021   22:07 583 47 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pesawat siluman Tiongkok yang sengaja dibuat untuk menyaingi pesawat termpur tercanggih Amerika F-22. Photo:Alex Plavevski/EPA

Secara teoritis saat ini dapat dikatakan telah terjadi perang dingin baru dunia antara kubu Tiongkok dan Rusia di satu pihak dengan Amerika dan sekutunya di pihak lainnya.

Memanasnya situasi politik diantara kedua belah pihak ini tidak lepas dari perkembangan teknologi militer Rusia dan Tiongkok yang kini dalam beberapa hal sudah melebihi kemampuan teknologi persenjataan Amerika dan sekutunya.

Salah satu masalah yang memicu perang dingin ini adalah masalah sengketa wilayah  di Laut Tiongkok Selatan yang melibatkan langsung Tiongkok dan Amerika.

Konflik laut Tiongkok Selatan melibatkan langsung Amerika dengan mengerahkan Kapal Induk Ronald Reagan. Photo: Kaila V. Peters/U.S. Navy  
Konflik laut Tiongkok Selatan melibatkan langsung Amerika dengan mengerahkan Kapal Induk Ronald Reagan. Photo: Kaila V. Peters/U.S. Navy  

Sikap Amerika dan sekutunya yang bersikeras ikut campur dalam masalah ini tentunya tidak lepas dari upaya pengembalian  citra Amerika dan sekutunya sebagai penguasa dunia yang sudah mulai meredup.

Salah satu titik masuk Amerika dan sekutunya adalah dengan dalih membela Taiwan sebagai negara merdeka, sementara Tiongkok menganggap Taiwan sebagai salah provinsi nya yang melepaskan diri.

Dalam konflik terakhir,  Amerika walaupun tidak memiliki hubungan diplomatik  dengan Taiwan menyatakan akan mempertahankan Taiwan jika Tiongkok menduduki Taiwan.

Seberapa besar Kekuatan Militer Tiongkok?

Kekhawatiran Amerika akan kehilangan pamornya sebagai penguasa dan pemasok persenjataan  dunia memang memiliki dasar .

Sebagai contoh sistem pertahanan wilayah Rusia S-400  yang mudah dibongkar pasang dengan cepat dapat menangkal serangan Amerika dan sekutunya sekaligus melakukan serangan balasan dalam waktu yang sangat cepat telah membuat berang Amerika. (baca di sini selengkapnya)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan