Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Benarkah Mengkonsumsi Suplemen Kolagen akan Membuat Kulit Kita Glowing dan Tidak Berkerut?

24 September 2021   17:55 Diperbarui: 25 September 2021   16:48 7203 53 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Benarkah Mengkonsumsi Suplemen Kolagen akan Membuat Kulit Kita Glowing dan Tidak Berkerut?
Suplemen Kolagen kini banyak digemari. Photo: hif.com 

Saat ini mengkonsumsi suplemen mungkin sudah menjadi gaya hidup dan  bagian kehidupan moderen.  Tren ini memang tampaknya akan terus meningkat karena gaya hidup moderen menuntut cara hidup  serba praktis dan cepat.

Tren mengkonsumsi suplemen ini jika tidak kita cermati dengan baik ada kemungkinan akan menggerus isi kantong itu dan juga menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Salah satu suplemen yang popular saat ini adalah mengkonsumsi kolagen yang dipercaya dapat mengencangkan kulit menjadi lebih glowing  dan membuat tampilan kita lebih cantik,  lebih muda serta lebih bugar.

Di era tahun 1980 an demam dan kepercayaan pada kolagen ini membuat tren baru ketika kolagen langsung disuntikkan di bibir dan dagu untuk mempercantik dan mempertahankan  kelenturan kulit wajah.

Suplemen kalogen memang sangat popular, namun jika kita simak lebih dalam lagi kolagen sebenarnya berlimpah di dalam tubuh kita.

Secara alami kolagen yang merupakan protein ini diantaranya  dapat  kita temui di kulit,  tulang rawan dan juga di rambut kita.

Jika ditinjau dari keterlimpahannya kolagen ini persentasinya sekitar 30% dari seluruh protein yang ada di dalam tubuh kita.

Kalogen juga tidak hanya sejenis  saja, namun menurut hasil penelitian ada sekitar 24 jenis kolagen yang ada di dalam tubuh kita yang umumnya ada pada kulit, rambut tulang rawan dan plasenta.

Kalogen memang tergolong unik karena mengandung sekitar 1000 asam amino yang membentuk rantai asam amino triple helix agar dapat menunjang funginya yaitu  membentuk jaringan ikat yang kuat.

Struktur Kolagen. Sumber: Kalili Lin et al 2018.
Struktur Kolagen. Sumber: Kalili Lin et al 2018.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan