Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengapa Harga Bonsai Bisa Selangit ?

26 Agustus 2021   14:40 Diperbarui: 26 Agustus 2021   20:49 314 50 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bonsai tertua yang ada di the Crespi Bonsai Museum , Milan Italia ini diperkirakan berusia 1000 tahun dan merupakan bonsai tertua di dunia. Photo : sentinelsections

Jika kita mendengar kata bonsai pikiran kita langsung membayangkan keindahan sebuah pohon dalam bentuk mininya yang sangat unik yang memanjakan mata. 

Bonsai juga dapat membawa angan kita balik ratusan tahun untuk membayangkan keunikan kehidupan pemiliknya berbagai generasi.

Seni mengkerdilkan pohon ini memang sangat unik dan banyak penggemarnya.  Diperkirakan seni bonsai ini dimulai di Jepang pada abad ke 7 ketika pendeta budha Jepang kembali dari Tiongkok. Namun catatan pertama yang pernah ditemukan terkait dengan bonsai ada pada tahun 970 masehi.

Harga sebuah bonsai memang sangat bervariasi mulai dari yang murah dan terjangkau sampai pada bonsai yang tidak ternilai harganya.

Penentu Harga

Mungkin diantara kita ada yang pernah bertanya tanya faktor apa saja yang sebenarnya yang menentukan harga sebuah bonsai ini?

Salah satu yang menentukan mahal tidaknya sebuah bonsai adalah jenis pohon yang dibuat bonsai. Pohon yang berkualitas dan sangat jarang serta sangat tua dapat melambungkan harga bonsai. 

Disamping itu bonsai yang dapat bertahan dalam perjalanan sejarah yang mengalami berbagai peristiwa serta diwariskan dari generasi ke generasi juga akan menentukan mahalnya sebuah bonsai.

Disamping umur, design dan estitika sebuah  bonsai dan juga  seberapa banyak waktu yang dihabiskan  untuk memelihara dan membentuk sebuah bonsai juga sangat menentukan harga sebuah bonsai.

Biasanya bonsai  yang dibuat dari pohon yang cepat tumbuh harganya lebih  murah karena penampilannya kurang menarik dan kurang unik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan