Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Rekor Suhu Terpanas Terus Pecah, Ini Dia Kota Terpanas di Dunia

2 Juli 2021   11:32 Diperbarui: 2 Juli 2021   11:45 338 48 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rekor Suhu Terpanas Terus Pecah, Ini Dia Kota Terpanas di Dunia
Cooling Center disediakan untuk masyarakat untuk mengurangi dampak gelombang panas. Photo: Getty Images

Bulan Juni memang merupakan bulan panas di belahan bumi bagian utara, namun tidak ada yang menduga bahwa tahun ini pemanasan bumi sangat ekstrim dan memakan banyak korban jiwa.

Bumi Makin Panas

Tidak tanggung tanggung gelombang panas yang disebut para ahli iklim sebagai "heat dome" ini telah menelan 485 korban jiwa di propinsi British Columbia di Kanada ketika temperatur mencapai 50 oC.

Heat dome merupakan penumpukan suhu panas yang menempati wilayah yang luas.

Saat udara hangat bumi yang biasanya naik dan dilepaskan dengan adanya heeat dome ini akan di dorong kembali ke permukaan bumi sehingga udara lebih panas karena terkompresi.

Fenomena Heat Dome membuat bumi makin panas. Sumber: BBC
Fenomena Heat Dome membuat bumi makin panas. Sumber: BBC
Menurut pakar iklim keberadaan heat dome ini Para ahli  membuat bumi semakin panas. Perubahan iklim diperkirakan akan meningkatkan frekuensi kejadian cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini.,

Gelombang panas tidak saja melanda Kanada saja namun juga melanda Amerika yang menyebabkan aspal di jalan jalan meleleh akibat panas yang ekstrim ini.

Rekor Suhu terpanas terus terpecahkan. Sumber: BBC
Rekor Suhu terpanas terus terpecahkan. Sumber: BBC

Di kedua negara ini rekor  panas yang pernah ada terpecahkan.  Sebagai contoh di kota Lytton di Kanada pada tanggal 29 Juni lalu suhu mencapai 49.6 oC yang merupakan rekor suhu tertinggi yang pernah terjadi di Kanada.

Di Amerika di kota Portland suhu tertinggi yang tercatat di tahun 1965 yaitu 41.6 oC juga terpecahkan karena di bulan Juni ini suhu di wilayah tersebut mencapai 46.6 oC.

Wilayah kawasan teluk di Timur Tengah memang dikenal dengan wilayah yang panas terutama di musim panas dengan suhu biasanya mencapai  40 oC. Namun di kawasan inipun suhu yang sudah panas tersebut melonjak kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x