Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Dosen - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Awan Hitam Child Abuse Olahraga Gymnastic

11 Mei 2021   08:58 Diperbarui: 15 Mei 2021   08:42 410 47 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Atlit Uni Soviet muda belia Olga Korbut peraih medali emas olimpiade di era tahun 1970 an. Photo Getty Images.

Ketika di tahun 1933 the International Gymnastics Federation membentuk gymnastic khusus untuk wanita ada asa  yang muncul akan adanya wahana  khusus bagi wanita untuk menunjukkan prestasi nya dalam bidang olah raga.

Di era tersebut memang masih berkembang  pendapat masyarakat umum akan kekhawatiran bahwa jika wanita berolah raga maka sisi feminimnya akan hilang karena wanita akan menyamai pria dalam hal perototan dan kekuatan.

Oleh sebab itu gymnastic dianggap sebagai wadah yang paling pas bagi wanita untuk menunjukkan kekebatannya namun masih mempertahankan kelembutnya.

Setahun setelah diluncurkan gymnastic khusus wanita langsung diadakan kompetisi internasional di Budapest.

Di era awal gymnastic khusus wanita ini semuanya dikelola oleh wanita juga termasuk kepengurusan pelatih dan juri nya.

Oleh sebab itu kesan dunia terhadap olahraga gymnastic ini sangat positif karena akhirnya wanita mendapat tempat yang sangat prestigius dalam olah raga.

Kepopuleran gymnastic wanita ini terus meningkat dan penggemar serta peserta olah raga ini tumbuh dengan subur.

Pergeseran visi

Dengan semakin populernya gymnastic wanita ini akhirnya di tahun 1952 cabang olah raga ini masuk ke dalam ajang olah raga bergengsi dunia olimpiade. Saat itu Uni Soviet (catatan : sekarang sudah pecah, salah satuny adalah Rusia) untuk pertama kalinya diperbolehkan untuk mengikuti ajang  olahraga terakbar dunia ini

Bagi yang masih ingat sejarah, era tersebut merupakan era perang dingin yang hampir memicu perang dunia ke tiga di mana Uni Soviet dan sekutunya secara frontal berhadapan dengan Amerika dan sekutunya dalam perlombaan senjata termasuk senjata pemusnah massal bom atom.

Perang dingin ini secara langsung berdampak pada persaingan dalam dunia olahraga karena dianggap bahwa olah raga merupakan pertarungan ideologi ini dengan tujuan saling mengalahkan dan meningkatkan supremasinya.

Di tahun 1970 an peran Uni Soviet dalam olah raga  gymnastic wanita ini sangat dominan karena berhasil menggabungkan dua unsur yaitu sirkus dan balet sehingga menghasilkan gaya gymnastic yang indah dan menawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan