Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Gonjang Ganjing Persiapan Australian Open di Tengah Pandemi

19 Januari 2021   15:24 Diperbarui: 19 Januari 2021   15:48 148 42 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gonjang Ganjing  Persiapan Australian Open di Tengah Pandemi
Photo: Getty Images

Australian Open merupakan salah satu ajang pertandingan tenis bergengsi dunia yang selalu menjadi incaran pemain untuk meraih prestasinya ataupun penonton yang ingin menyaksikan petenis idamannya berlaga.

Namun pelaksanaan Australian Open yang seharusnya dilaksanakan pada  bulan Januari ini harus digeser pelaksanaanya ke tanggal 8-21 February mendatang. Pergesesan ini terkait  erat dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang melanda sedang melanda negeri kanguru ini.

Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan oleh the John Hopkins University of Medicine jumlah kasus di negara ini mencapai 28,708 kasus dan 909 kematian.

Australia memang merupakan salah satu negara yang sistem karantinanya  merupakan salah satu yang terketat di dunia.

Oleh sebab itu dapat dimengeri jika pemerintah Australia memandang pandemi Covid-19 ini sebagai sesuatu yang sangat serius dan dalam banyak hal merubah tatanan kehidupan masyarakat termasuk tindakan lockdown di beberapa negara bagian dan juga pengetatan prosedur pelaksanaan turnamen bergengsi ini.

Hasil tes terhadap terhadap panita dan pemain  Australia memang mengkhawatirkan karena sebelum turnamen berlangsung sudah ada 9 orang yang terkait langsung dengan pelaksanaan turnamen ini termasuk satu pemain  menunjukkan hasil positif, sehingga harus dikarantina  selama 14 hari.

Masalahnya ternyata tidak hanya sampai disitu saja karena menyangkut pemain dari luar Australia juga.

Pada hari minggu lalu pelaksana turnamen ini mengumumkan bahwa ada 25 pemain lainnya yang dikarantina  di hotel setelah seorang penumpang yang bukan delegasi ataupun pemain  Australian Open hasil tesnya setelah mendarat di Melbourne dari Doha dinyatakan positif.

Dalam kasus ini saja secara total jumlah penumpang yang dikarantina mencapai 58 penumpang dan 25 pemain.

Sampai saat ini  secara total sampai saat ini ada 72 pemain  yang harus menjalani karantina di hotel dengan aturan ketat pembatasan pergerakannya.

Dapat kita bayangkan ketika para pemain tenis professional yang sudah biasa mempersiapkan diri berlatih paling tidak selama 5 jam setiap harinya  di lapangan tenis yang sebenarnya di arena menjelang turnamen ternyata harus mendekam di hotel menjalani karantina selama 14 hari dan tidak diperkenankan meninggalkan kamar hotel sampai dinyatakan bebas Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x