Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Popularitas TikTok yang Membius Dunia

23 Agustus 2020   13:54 Diperbarui: 23 Agustus 2020   14:14 224 31 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Popularitas TikTok yang Membius Dunia
Ilustrasi : Liu Rui/GT

TikTok tidak lahir seperti cerita Cinderella atau cerita klasik lainnya yang lahir dari Disney Land. TikTok tidak pula lahir dari ide yang muncul di garasi yang kemudian  berkembang menjadi raksasa dunia.

Kepopuleran TikTok memang fenomenal karena menurut catatan pada tahun lalu aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 milyar kali di seluruh dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai 500 juta orang. 

Tahun ini TikTok lebih berjaya lagi mencatat rekor jumlah unduh mencapai 2 milyar dengan jumlah pengguna aktif mencapai 800 juta orang.

Banyak orang yang bertanya tanya mengapa TikTok bisa berjaya di dunia? Jawabnya sederhana saja, TikTok masuk di hati penggunanya, kreatif, menyenangkan serta  mudah digunakan.

Keragaman topik video dari urusan joget sampai dengan urusan politik  mencerminkan  popularitas TikTok karena  hampir semua kalangan dapat dengan mudah dan nyaman mengekspresikan dirinya dengan menggunakan aplikasi ini.

Sebagai contoh salah satu video yang diposting di akhir tahun 2018 lalu menggambarkan permen Jelly berbentuk beruang berdiri di panggung yang kosong sendirian, namun kesunyian beruang ini dipecahkan oleh suara penyanyi terkenal Adele dengan lagu Someone Like You. Serta merta setelah kemunculan suara Adele, bermunculannya permen jelly beruang lainnya bergabung dan menyanyikan bersama lagu Adele ini.

Konsep video di TikTok ini sangat sederhanya namun menggelitik hati pemirsanya sehingga nyaman melihatnya dan menyenangkan. Video di TikTok yang hanya berdurasi beberapa puluh detik ini  ini dampaknya jauh lebih besar dibanding  dengan iklan yang berbiaya jutaan dolar.

Dalam waktu singkat video ini ditonton jutaan orang dan menjadi model jejaring sosial lainnya untuk ditiru dan dikembangklan sehingga menjadi trendsetter tersendiri.

Kepopuleran Tiktok ni memang sudah tidak terbendung lagi karena sudah mendunia.  Jika di tinjau dari jumlah pengunduh aplikasi ini maka ada 10 negara yang pengunduhnya terbanyak di dunia yaitu India, Cina, USA, Indonesia, Brazil, Vietnam, Rusia, Turki, Meksiko dan Thailand.

Sebagai gambaran saja jumlah orang yang mengunduh aplikasi TikTok di India mencapai  lebih dari 650 juta, sedangkan di Indonesia jumlah orang yang mengunduh aplikasi ini hampir mencapai 150 juta orang.

Seperti yang disinggung di atas, TikTok  tidaklah lahir begitu saja namun berproses dan bermetamorfose paling tidak melalui tiga fase.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x