Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Mengenang Irrfan Khan, Inilah Perjalanan Karier Sang Aktor Unik

29 April 2020   22:32 Diperbarui: 30 April 2020   17:38 1456 26 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenang Irrfan Khan, Inilah Perjalanan Karier Sang Aktor Unik
Aktor India Irrfan Khan meninggal dunia di usia 53 tahun. (Sumber: indiewire.com)

Bagi yang pernah menontonnya, tentu masih ingat adegan Pi saat berjuang hidup di dalam sekoci kapal yang tenggelam bersama zebra, orang utan, dan Indian Tiger yang bernama Richard dalam film The life of Pi yang diluncurkan tahun 2012.

Adegan tersebut merupakan bagian dari cerita fiksi yang diperankan Irrfan Khan dalam mengisahkan perjalanan hidupnya yang penuh misteri di tengah laut.

Keluarganya yang cukup sejahtera terpaksa pindah dan memboyong seluruh binatang dari kebun binatang milik mereka dalam sebuah kapal menuju dunia baru. Namun di perjalanan, kapalnya diterjang badai dan tenggelam. Hanya dirinya dan segelintir hewan teman kecilnya yang berhasil menyelamatkan diri dan terombang-ambing di tengah laut.

Film Life of Pi berhasil meraih berbagai penghargaan dan perannya yang unik menunjukkan kepiawaian Irrfan Khan dalam berakting.

Dalam perjalanan selama kariernya sebelum meninggal dunia pada 29 April akibat penyakit kanker yang dideritanya, Irrfan Khan merupakan salah satu aktor Hollywood ternama dengan membintangi paling tidak 80 film.

Beberapa film yang dibintanginya mencetak prestasi tersendiri seperti misalnya Life of Pi, Slumdog Millionaire, Jurassic World, atau The Amazing Spiderman. Namanya melambung sebagai salah satu aktor unik yang menggambarkan sosok dirinya sebagai muslim sekaligus dunia industri film yang digelutinya.

Mendapatkan penghargaan Asian Film Awrad di tahun 2014. (Sumber: AFP Photo)
Mendapatkan penghargaan Asian Film Awrad di tahun 2014. (Sumber: AFP Photo)
Irrfan Khan memulai karier dalam dunia akting saat dirinya berumur sekitar 30 tahunan dalam acara sandiwara TV. Dengan karakter uniknya, karier Irrfan Khan terus menanjak sampai melangkahkan kakinya ke Hollywood dan berprestasi di sana. Ia pun dianggap sebagai satu aktor India terbaik.

Siapa Irrfan Khan?

Sahabzada Irrfan Ali Khan dilahirkan pada 7 Januari 1967 di desa Tonk wilayah Rajasthan dari keluarga yang terpandang. Ibunya masih memiliki darah ningrat sedangkan ayahnya dikenal kaya dengan usaha bisnisnya.

Dalam perjalanan hidupnya Irrfan meninggalkan nama "Sahabzada" dan selanjutnya menambah huruf tambahan "r" pada namanya, sehingga sampai akhir hidupnya dikenal sebagai Irrfan Khan.

Sepeninggal ayahnya ternyata dia tidak mau mengambil alih bisnis sang ayah dan lebih memilih sebagai aktor walaupun saat itu dia dinilai oleh keluarga dan teman-temannya tidak memiliki masa depan yang baik dalam dunia akting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x