Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Seputar Mitos Kucing Hitam

27 Desember 2019   18:46 Diperbarui: 27 Desember 2019   18:55 483 13 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seputar Mitos Kucing Hitam
Photo: Steam Community

Di berbagai belahan bumi termasuk Indonesia keberadaan kucing hitam terkadang diasosiasikan  dengan hal hal yang bersifat mistis.  Entah karena kucingnya atau karena warna hitamnya yang jelas banyak orang yang percaya bahwa kucing hilam terkait dengan sesuatu dengan dunia mistis yang yang terkadang  ada di luar jangkauan akal sehat.

Pada masyarakat tertentu keberadaan kucing hitam diasosiasikan dengan malapetaka namun oleh sebagian orang justru keberadaanya dikaitkan dengan keberuntungan dan sebagai penolak penyakit.

Jadi tidak heran memang kucing hitam sering dikaitkan dengan dukun dan ilmu hitam yang seringkali membuat kuduk kita berdiri jika kita pernah mendengar ceritanya dan berpapasan dengan kucing hitam di malam hari karena pikiran kita otomatis mengasosiasikannya dengan kekuatan supranatural yang akan mencelakakan kita.

Dalam perjalanan sejarah manusia, tercatat bahwa kucing hitam memang dikaitkan langsung dengan setan dan dukun.  Bahkan di beberapa negara kucing hitam dianggap sebagai penjelmaan dukun dalam wujud  lain.

Jadi tidak heran jika catatan sejarah juga menunjukkan bahwa kepercayaan ini menyebabkan banyaknya kucing hitam yang dibunuh termasuk pemiliknya karena dianggap membawa petaka bagi masyarakat di sekitarnya.

Jika amati lebih dekat kita akan menemukan kucing dengan warna hitam pekat dan kucing dengan warna bulu hitam tapi semacam garis warna degradasi warna abu diantaranya.  

Secara ilmiah jika kucing dengan warna hitam degradasi ini sering berjemur di matahari maka secara perlahan warna hitamnya akan berubah menjadi kecoklatan.

Bagi orang awam yang tidak mengerti fenomena perubahan seperti ini tentunya akan menambah kepercayaan mistisnya bahwa kucing hitam ini merupakan jelmaan beberapa mahkluk lain yang akan lebih menghilangkan akal sehatnya,

Memang tidak semua orang mengasosiasikan keberadaan kucing hitam sebagai pertanda datangnya  malapetaka. Di Jepang misalnya kucing hitam justru dikaitkan dengan dunia cinta dan kehidupan. Sebagian wanita Jepang percaya bahwa jika memelihara kucing hitam akan mengundang kedatangan banyak pria yang tertarik padanya.

Tidak hanya terkait dengan cinta, kucing hitam sering juga dikaitkan dengan keberuntungan.  Jadi tidak heran jika misalnya di Inggris kucing hitam seringkali dipakai sebagai kado  dalam upacara perkawinan.  Tidak hanya sebagai lambang keberuntungan saja, kucing hitam bahkan dipercaya akan membawa keberuntungan bagi pasangan pengantin.

Tidak hanya pengantin, bahkan para pelaut sering memiliki kepercayaan bahwa membawa kucing hitam di kapal akan membawa keberuntungan dan keselamatan selama perjalanan di laut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x