Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Melawan Obesitas dengan Secangkir Kopi

8 Juli 2019   10:07 Diperbarui: 8 Juli 2019   10:26 0 8 2 Mohon Tunggu...
Melawan Obesitas dengan Secangkir Kopi
Photo: shutterstock.com, CC BY-SA

Bagi penggemar kopi ada berita gembira terkait hasil penelitian yang dilakukan  oleh ilmuwan dari the University of Nottingham yang  dipublikasikan tanggal 24 Juni 2019  lalu di The Journal Scientific Reports.

Penelitian  ini berhasil mengungkap bahwa meminum kopi secangkir  akan menstimulasi Brown Adipose Tissue (BAT) atau yang lebih dikenal sebagai lemak coklat (brown fat). Brown fat ini dikenal fungsinya sebagai pertahanan yang ada dalam tubuh kita dalam memerangi obesitas dan juga diabetes.

Fungsi brown fat ini sangat vital dalam menentukan kecepatan tubuh kita dalam membakar kalori menjadi energi.

Brown adipose tissue (BAT) pada umumnya ditemukan di tubuh kita dan juga mamalia lainnya. Salah satu fungsi dari brown fat ini dikenal vital pada bayi dan juga mamalia yang mengalami hibernasi.  Namun dalam perkembangan selanjutnya fungsi lain dari brown fat ini ditemukan lagi yaitu pada orang dewasa yang berfungsi untuk menimbulkan panas dengan cara membakar kalori.

Fungsi brown fat ini berlawanan dengan fungsi white fat yang menimbun kelebihan kalori dan menyimpannya dalam bentuk lemak. Hal yang menarik lainnya adalah orang yang memiliki jumlah brown fat yang lebih banyak memiliki nilai Body Mass Index (BMI) yang lebih rendah.

Fungsi brown fat lebih lanjut diungkap oleh Professor Michael Symonds sebagai salah satu peneliti.  Brown fat berfungsi membakar gula dan lemak, sehingga berfungsi memperbaiki kadar gula darah dan luga lemak darah.  Disamping itu pembakaran kalori yang berlebih ini tentunya akan berdampak pada pengurangan berat badan.

Tim peneliti ini juga melakukan penelitian dengan menggunakan sel punca untuk mengetahui apakah kafein dapat menstimulasi brown fat.  Ke depan jika dosisnya ditemukan maka akan dapat diaplikasikan hasilnya pada manusia.

Keberhasilan tim peneliti ini mengungkap fungsi brown fat tidak terlepas dari keberhasilannya menentukan keberadaannya di dalam tubuh kita, yaitu ada di wilayah leher kita, sehingga aktivitas brown fat ini dapat dipantau dengan baik setelah seseorang meminum secangkir kopi.   Setelah meminum secangkir kopi,  brown fat ini manjadi lebih panas akarena  aktivitasnya.

Hasil temuan ini menimbulkan pertanyaan apakah kafein yang dikandung secangking kopi berfungsi sebagai stimulator yang meningkatkan aktivitas brown fat ini. Apakah  reaksi brown fat ini sama jika orang menggunakan suplemen kafein saja?

Fungsi dan khasiat secangkir kopi dan juga efek negatifnya memang telah banyak diungkap secara ilmiah, namun hasil peneltian terbaru ini membuka cakrawala baru pemanfaatan kopi untuk menjaga berat badan ideal  dan juga mengontrol kadar gula dan lemak darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x