Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ketika Motor Semakin Mematikan

29 Desember 2018   09:59 Diperbarui: 29 Desember 2018   17:52 0 12 3 Mohon Tunggu...
Ketika Motor Semakin Mematikan
Muatan motor yang melebihi kapasistas. Photo : Dokumentasi pribadi

Tidak ada yang dapat membantah bahwa dengan semakin canggih perkembangan teknologi  dan banyaknya motor, korban kecelakaan yang melibatkan motorpun semakin meningkat.

Sebagai contoh data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa pada tahun 2016 saja terjadi sebanyak 106.573 kecelakaan lalulintas dan 73,9% diantaranya melibatkan sepeda motor.

Jika data ini dipilah lagi, maka jumlah korban yang paling banyak adalah kelompok umur 19-29 tahun yang mencapai 12.214 orang di tahun 2016 dan meningkat menjadi 13.441 orang.

Ironisnya jika ditinjau dari latar belakang pendidikan, maka korban dari kalangan siswa SMA pada tahun 2016 mencapai 138.995 orang dan meningkat menjadi 132.423 orang di tahun 2017. 

Sementara itu korban di kalangan siswa SMP yang jelas jelas tidak memenuhi batas umur untuk mengendarai motor dan memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) mencapai 31.106 orang di tahun 2016 dan sebanyak 29.783 orang di tahun 2017 lalu.

Kecenderungan meningkatnya angka kecelakaan dan jumlah korban pengendara sepeda motor juga terjadi di tahun 2018 ini.

Jika ditelisik lebih lanjut, ada banyak hal yang berkontribusi terhadap meningkatnya angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor ini diantaranya  pengemudi motor illegal yang tidak memiliki SIM, tidak dipatuhinya rambu lalu lintas dan batas kecepatan maksimum, prilaku berkendara, tidak layaknya motor, kurang tegasnya penegakan hukum,  alih fungsi motor dll nya.

Bagi pembaca yang masa remajanya di era tahun 70 an tentunya akan ingat betul bahwa motor saat itu kapasitasnya hanya 60 cc dan 90 cc saja, sehingga ketika salah satu produsen  motor mengeluarkan motor tipe CB 100 misalnya sudah dianggap motor paling canggih dan menjadi idola karena kecepatannya aduhai.

Motor ini b kapasistasnya hanya 60 CC. Photo: The Naked Rider - WordPress.com
Motor ini b kapasistasnya hanya 60 CC. Photo: The Naked Rider - WordPress.com
Motor ini kapasistasnya hanya 100 CC. Photo: OtoFreak
Motor ini kapasistasnya hanya 100 CC. Photo: OtoFreak
motor jaman now yang semakin canggih dan cepat. Photo:aripitstop.wordpress.com
motor jaman now yang semakin canggih dan cepat. Photo:aripitstop.wordpress.com
Di saat itupun sebenarnya angka kecelakaan motor sudah mulai merangkak, namun korban fatal akibat kecelakaan masih terkendali karena kecepatan motor yang masih tergolong lambat dan jalan yang belum terlalu ramai.

Di sekolah diajarkan kalau jalan kaki harus di sebelah kiri. Dibenak para pengemudi dan pengguna jalan raya saat itu sudah melekat bahwa jika ingin menyalip harus dari sebelah kanan. Dengan kesadaran seperti ini tingkah lalu pengguna jalan saat itu masih lebih tertib jika dibandingkan dengan  saat ini.

Namun di era milleneal era itu sudah berlalu dan  sudah dianggap  jadul karena motor jaman now kapasitas nya jauh dari itu sehingga motor melaju semakin cepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2