Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jakarta - Singapura Peringkat 3 Jalur Penerbangan Tersibuk Dunia

4 Mei 2018   21:27 Diperbarui: 4 Mei 2018   22:04 1158 7 2
Jakarta - Singapura Peringkat 3 Jalur Penerbangan  Tersibuk Dunia
Sumber: AOG

Dari 10 jalur penerbangan internasional tersibuk di dunia ternyata 9 diantaranya dipegang oleh jalur penerbangan internasional di Asia.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh OAG Aviation ternyata jalur penerbangan internasional tersbuk di dunia dipegang oleh rute penerbangan Singapore - Kuala Lumpur (sumber)

Dari data yang dikumpulkan pada tahun 2017 lalu sampai dengan bulan Februari 2018 jalur ini mencatat sebanyak 30,537 penerbangan atau setara dengan 84  penerbangan per harinya. Jalur ini dalam kurun waktu tersebut mengangkut penumpang  sebanyak 4 juta penumpang.

Jalur Singapore -  Kuala Lumpur memang cukup unik karena jarak antara Singapore hanya 296,7 km saja, namun kalau  ditempuh dengan perjalanan darat memerlukan waktu selama 6 jam, sedangkan dengan penerbangan hanya memerlukan waktu 65 menit saja.

Jalur penerbangan internasional tersibuk di dunia ini ternyata tidak saja melibatkan penerbangan Singapore Airlines dan Malaysia Airlines namun juga didominasi penerbangan murah seperti Scoot, Jetstar, Air Asia dan Malindo Air.

Dua penerbangan internasional yang melibatkan Jakarta menduduki peringkat lima besar penerbangan tersibuk dunia, yaitu Rute Jakarta -  Singapore dan Jakarta - Kuala Lumpur yang masing masing menempati peringkat 3 dan 5.

10 jalur internasional tersibuk dunia. Sumber: OAG Aviation/Bloomberg
10 jalur internasional tersibuk dunia. Sumber: OAG Aviation/Bloomberg
Profil jalur penerbangan internasional tersibuk dunia. Sumber: AOG Aviation
Profil jalur penerbangan internasional tersibuk dunia. Sumber: AOG Aviation
Satu satunya rute Internasional di luar  Asia yang masuk ke dalam kelompok 10 besar penerbangan internasional tersibul dunia adalah jalur New York - Toronto yang mencatat jumlah penerbangan sebanyak 16.956 penerbangan. Jalur penerbangan Dublin - London Heathrow tercatat sebagai jalur penerbangan internasional tersibuk di Eropa.

Jika dirangking berdasarkan jumlah penumpang yang diangkut, maka jalur penerbangan internasional peringkat pertama diduduki oleh jalur Hongkong -Taiwan dengan jumlah penumpang 6,5 juta orang pada periode tersebut. 

Sedangkan jalur internasional peringkat kedua yang terbanyak mengangkut penumpang adalah jalur Singapore - Jakarta  yang mengangkut penumpang sebanyak 4,7 juta orang.

Jika dibandingkan dengan jumlah penerbangan dan jumlah penumpang yang diangkut, maka jalur penerbangan internsaional tersibut di duniapun ternyata tidak dapat mengalahkan jalur penerbangan domestik.

Menurut  catatan AOC Aviation jalur domestik tersebut didunia dipegang oleh jalur Seoul ke Jeju, yaitu sebanyak 65.000 penerbangan dalam periode yang sama atau setara dengan 180 penerbangan per harinya.

Data yang baru dikeluarkan oleh AOG Aviation  ini memang sangat menarik dengan masuknya  dua jalur yang melibatkan Jakarta sebagai jalur 5 besar tersibuk dunia.  Pertanyaan yang cukup menggelilik adalah mampukah penerbangan nasional Indonesia  seperti Garuda mampu bersaing dan memanfaatkan jalur subur  ini?

Rujukan :  Satu, Dua, Tiga,Empat, Lima