Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pelombaan Senjata di Kawasan Asia yang Semakin Mengkhawatirkan

9 Maret 2017   06:25 Diperbarui: 9 Maret 2017   08:35 1927 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelombaan Senjata di Kawasan Asia yang Semakin Mengkhawatirkan
Pimpinan China berkomitmen untuk mengambil alih pengaruh militer di kawasan Asia dari aliansi Amerika. Sumber: The Australian

Tidak dapat dipungkiri sikap Korea Utara yang semakin  sulit  diprediksi dan juga perluasan pengaruh militer China di laut China Selatan yang semakin memanas membuat kawasan  Asia kini menjadi wilayah perlombaan senjata dan pembangunan militer yang paling menggeliat.

Saat ini 20 kekuatan militer jika ditinjau dari segi jumlah tentara serbu berada di Asia Timur.    Dengan menggabungkan kekuatan tentara serbu, peralatan militer seperti tank, pesawat dan kapal perang dengan pembobotan tertentu pihak Credit Suisse menyimpulkan bahwa kekuatan militer di Asia Timur menduduki peringkat 20 top kekuatan militer dunia.

Peta Kekuatan

China tercatat sebagai negara di Asia yang memiliki kekuatan militer terbesar di kawasan ini.  Jumlah personil militer China yang mencapai 2,3 juta melebihi jumlah personal militer Amerika yang jumlahnya 1,5 juta.

Jumlah tank China menduduki urutan kedua setelah Rusia dan jumlah  kapal selamnya pun menduduki urutan kedua terbanyak di dunia setelah Amerika.

Dengan jumlah personil militer yang sudah mencapai  puncaknya, China tampaknya kini memfokuskan perhatiannya pada moderinasi militernya termasuk  rudal dan pesawat militernya.

Jepang walaupun ditinjau dari segi personil militernya kecil, yaitu hanya 247.000 personil namun  personil ini dilengkapi dengan peralatan militer modern termasuk kekuatan kapal selamnya yang menduduki rangking 4 dunia. Kekuatan pesawat pengangkut militer Jepang juga menduduki peringkat 4 dunia.

Korea Selatan yang memiliki wajib militer bagi warganya memiliki personil militer sebanyak 630.000 personil, 2400 tank dan 800 pesawat militer.  Kekuatan serbu helikopter Korea Selatan menduduki peringkat 5 dunia.

Kekuatan militer Rusia juga sangat dominan di wilayah Asia Utara.  Rusia tercatat memiliki 770.000 personil militer, 15.400 tank, 3400 pesawat dan 55 kapal selam.  Rusia tampaknya terus menambah budget militernya dalam kurun waktu 8 tahun terakhir ini dengan kenaikan anggaran militer mencapai 30%.

Korea Utara tercatat memiliki kekuatan personil militer sebanyak 1,2 juta, 4100 tank, 730 pesawat tempur dan 500 kapal perang.

Empat negara lain di kawasan ini yang dianggap memiliki kekuatan militer yang cukup siknifikan adalah Thailand, Indonesia, Taiwan dan Australia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN